Manfaat Mendengarkan Musik

mendengarkanmusik

Hampir semua orang memiliki hobi mendengarkan musik. Musik adalah sebuah bahasa yang universal. Terkadang meskipun tanpa kita mengerti kata-kata dan arti yang diucapkan sang penyanyi, namun kita bisa menyukai lagu itu, dan bisa menerka-nerka kira-kira lagu itu berisikan tentang apa. Lewat musik juga, seringkali isi hati kita tersampaikan lewat lirik lagunya, bahkan persis sekali dengan apa yang terjadi dengan kisah kita. 🙂

Termasuk juga dengan musik instrumental, walaupun tanpa kata, ada aura tersendiri di dalamnya yang membuat kita memahami arti dibalik musik instrumental tersebut.

Namun, Ladies, ketika Anda sedang galau atau sedih, sebaiknya dengarkanlah musik yang bernuansa ceria, agar memperbaiki suasana hati Anda. Jangan memperkeruh hari-hari Anda dengan lagu-lagu menyedihkan yang semakin membuat Anda down.

Berikut ini adalah manfaat mendengarkan musik:

1. Meningkatkan suasana hati (Mood).
Setiap orang memiliki genre musik favorit yang masing-masing. Satu yang pasti mereka akan lebih rileks ketika mendengarkan musik. Apapun pilihan musik Anda, sebuah penelitian 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa mendengar musik favorit Anda dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk alias badmood.

Penelitian di McGill University Montreal memaparkan hasil risetnya bahwa mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin. “Otak sangat rumit – ada banyak unsur yang terlibat dalam menciptakan perasaan senang – tidak mengherankan jika ada penelitian yang menunjukkan bahwa pelepasan dopamin berhubungan dengan perasaan senang,” kata Bridget O’Connell, kepala informasi dari Mental Health Charity Mind.

2. Meningkatkan Fokus ataupun Konsentrasi.
Mendengarkan musik dapat membantu Anda untuk berkonsentrasi. Di zaman era modern seperti sekarang, ada sebuah alat ‘digital tonic’ yang biasa disebut Ubrain, mengklaim dapat membantu pikiran menjadi lebih fokus dan rileks. Aplikasi ini didasarkan pada binaural beats (yang dapat merangsang aktivitas tertentu di otak) sehingga membantu Anda untuk meningkatkan energi, pikiran dan meningkatkan mood saat mendengarkan musik favorit Anda.

“Dengan membantu korteks otak menghasilkan gelombang tertentu, kita dapat menginduksi beberapa bagian pada otak tetap terjaga, tergantung pada tujuan yang ingin kita lakukan,” jelas Paris psikolog klinis dari Brigitte Forgeot.

Sedangkan menurut hasil penelitian seorang peneliti dari Mental Health Charity Mind, Bridge O’Connell, juga mengemukakan h

Tips Cantik Lainnya

Maaf ya, komentar untuk artikel ini tidak disediakan.

Post Navigation