Manfaat Mengkonsumsi Brokoli

Manfaat Mengkonsumsi Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang kaya akan vitamin, mineral, dan zat besi. Terdiri dari 90 % air dengan kadar karbohidrat dan lemak yang rendah. Disamping fungsinya sebagai bahan makanan, brokoli memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Mencegah berbagai macam penyakit

Manfaat terbesar brokoli adalah kemampuannya dalam memerangi berbagai macam penyakit. Para ilmuwan menyatakan bahwa brokoli mampu mendetoksifikasi tubuh sehingga dapat mencegah datangnya penyakit flu. Brokoli juga dapat mencegah kanker payudara, kanker prostat, kandung kemih, usus besar, dan kanker ovarium karena mengandung indole, isothiocyanate, dan fitokimia. Selain itu, brokoli juga mampu mencegah osteophorosis karena mengandung vitamin K dan kalsium, serta mencegah katarak dan makula berkat kandungan vitamin A dan lutein didalamnya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imun yang meningkat dapat mencegah infeksi.

Mencegah depresi

Seperti halnya cokelat, brokoli dianggap mampu mencegah depresi. Asam folat dan vitamin B yang terkandung di dalamnya mampu mendorong produksi serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati. Kandungan folat dan vitamin B tersebut juga dapat mengontrol tekanan darah, serta menghindari terkenanya penyakit stroke dan jantung.

Mencegah penuaan

Bagi kamu yang ingin awet muda, harus sering mengkonsumsi brokoli. Vitamin A dalam brokoli dapat merevitalisasi epitel kulit yang akan mencegah terjadinya penuaan dini, memperlambat munculnya keriput dan garis-garis halus di wajah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kulit yang halus dan kencang sehingga awet muda, mengkonsumsi brokoli secara rutin sepertinya adalah pilihan yang sangat tepat.

Menurunkan berat badan

Brokoli dapat menjadi menu diet yang tepat karena bebas karbohidrat. Disamping itu, serat yang tinggi pada brokoli membuat sistem pencernaan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya sehingga kamu tidak akan cepat merasa lapar. Oleh karenanya, apabila kamu sedang dalam proses penurunan berat badan, jangan lupa untuk memasukkan brokoli ke dalam menu makanan kamu.

Nah, sudah tahu kan manfaat-manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengkonsumsi brokoli. Maka dari itu, mulai sekarang jangan ragu untuk mengkonsumsinya secara rutin. Berikut ini juga akan diberikan tips memilih dan mengkonsumsi brokoli agar khasiat yang diperoleh dapat lebih optimal.

Tips Memilih dan Mengkonsumsi Brokoli

Saat membeli, pilihlah brokoli segar dan berwarna hijau tua. Hindari brokoli yang memiliki bercak kuning atau hitam karena biasanya bercak tersebut menandakan bahwa brokoli tersebut sudah layu atau busuk. Tekan brokoli dengan ujung jari. Apabila masih keras, berarti brokoli tersebut masih segar.

Brokoli dapat disimpan di kulkas selama satu minggu setelah dibeli dan dapat dikonsumsi dengan cara dimakan mentah seperti dibuat salad atau lalapan maupun dimasak terlebih dahulu. Untuk memasaknya, cukup direbus selama kurang dari 5 menit agar kandungan vitamin dan mineral di dalamnya tidak hilang.

Selamat mencoba. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *