Manfaat Minyak Almond untuk Wajah, Kulit dan Rambut

minyak-almond

Minyak Almond diperoleh dari biji almond yang mengandung protein, vitamin E, dan vitamin B, serta mineral penting, dan lemak sehat. Kandungan gizi minyak almond telah membuatnya menjadi salah satu bahan makanan. Namun ternyata minyak almond memberikan manfaat yang baik untuk kehidupan manusia.

Cara Membuat Minyak Almond Sendiri
Saat ini, memang banyak sekali produsen yang menjual minyak almond dalam botol. Namun, jika anda memiliki waktu luang, mengapa tidak membuatnya sendiri. Caranya cukup mudah. Bahan yang diperlukan antara lain :
Blender, kacang almond yang belum dipanggang, minyak zaitun 3 sendok teh sebagai pelarut jika kacang almond terlalu kental.

Cara pembuatannya cukup dengan menghaluskan almond dengan blender. Cobalah mulai dengan kecepatan lambat secara bertahap hingga akhirnya kecepatan tinggi. Jika kacang menggumpal di sisi blender, cobalah sisihkan kacang almond yang berada di sisi blender. Lanjutkan proses blender hingga akhirnya gumpalan tersebut menjadi pasta kental.

Tambahkan 3 sendok minyak zaitun jika gumpalannya lambat pecahnya. Jika memang sulit pecah, tambahkan kembali minyak zaitun. Setelah menjadi pasta krim, letakkan ke dalam wadah tertutup dan simpan pada suhu kamar selama 1-2 minggu agar minyak terpisah dari daging kacangnya. Gunakan minyak yang terpisah tadi sebagai minyak untuk merawat kulit.

Manfaat Minyak Almond Untuk Kulit
Banyak sekali manfaat almond untuk kulit. Lihat saja, banyak sekali salon maupun tempat spa yang menggunakan minyak almond untuk perawatan. Hal ini dikarenakan manfaat minyak ini yang sangat besar dalam kehidupan. Apa saja manfaat minyak almond untuk kulit?

  • Memperlambat Penuaan : Sifatnya sebagai antioksidan yang kuat pada minyak almond membuat ia membantu kulit untuk menghasilkan efek firming pada lapisan terluar kulit. Efek inilah yang membuat kulit tetap lembab, sehingga kulit terhindar dari pigmentasi dan keriput.
  • Mengurangi Jerawat : Sifat minyak almond yang meresap secara cepat pada kulit mampu membuat pori-pori kulit terbuka dan membuat kulit bernafas dengan benar. Masalah jerawat pun dapat berkurang jika anda menggunakan minyak ini sebagai pelembab.
  • Sun Protector :  Paparan sinar matahari dapat merusak kulit akibat sinar UV yang berbahaya. Sinar UV dapat menyebabkan kulit terbakar, munculnya kerutan, dan tanda lain yang berkaitan dengan penuaan, serta kanker kulit. Mungkin saja anda sudah menggunakan sunblock maupun tabir surya untuk melindungi kulit tetapi minyak almond adalah salah satu bahan yang dapat anda gunakan. Journal of Cosmetic Dermatology edisi Maret 2007 menyebutkan bahwa dengan mengoleskan minyak almond untuk kulit tidak hanya melindungi kulit, tetapi juga dapat mengembalikan kerusakan yang mungkin sudah terjadi pada kulit. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Hamdard di New Delhi, India juga menjelaskan bahwa bahwa tikus yang terkena paparan sinar matahari (musim panas) yang berlangsung selama 12 minggu memperlihatkan perubahan kulit. Namun, tikus yang diobati dengan minyak almond saat terpapar sinar matahri memiliki tanda-tanda lebih sedikit terkena penuaan kulit dan kerusakan. Penelitian yang dipimpin oleh Y.Sultana menyimpulkan bahwa mengoleskan minyak almond untuk kulit tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tetapi juga memperlambat proses penuaan kulit.
  • Mencegah Terjadinya Stretch Mark : Sweet Almond Oil juga membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit dan membuat kulit anda bebas dari stretch mark yang mungkin saja terjadi jika anda sedang hamil maupun jika anda mengalami perubahan berat badan yang mendadak
  • Rejuvenator Kulit : Selain melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan tanda penuaan, menggunakan minyak almond sebagai pelembab kulit dapat melembutkan dan menghaluskan kulit. Menurut “Complementary Therapies In Clinical Practice” edisi Februari 2010, minyak almond adalah emollient property yang memberikan kemampuan untuk meremajakan dan melembutkan kulit, sehingga mampu mengeluarkan warna kulit. Sang penulis, Z.Ahmad dari Department of Plastic and Reconstructive Surgery, Salisbury General Hospital di Inggris menyatakan bahwa minyak almond juga terbukti mengurangi jaringan parut yang terjadi akibat operasi. Mungkin minyak almond ini dapat dipertimbangkan sebagai pengobatan pasca operasi.
  • Mengurangi Iritasi Kulit : Iritasi kulit, seperti gatal dan pembengkakan juga dapat dikurangi dengan minyak almond. Kondisi kulit cukup beragam, seperti terjadinya psoriasis dan eksim, yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit, serta kemerahan dan ruam yang gatal. Aplikasi minyak almond dapat meringankan terjadinya peradangan dan iritasi yang terjadi. Tapi, sayangnya ada beberapa orang yang tidak cocok dengan minyak ini atau mungkin saja alergi terhadap kacang. Karena itulah, sebaiknya sebelum menggunakan minyak almond lakukan test kecil untuk menguji apakah cocok di kulit anda atau alergi terhadap minyak almond.

Manfaat Minyak Almond Untuk Kesehatan
Sweet almond oil yang dibuat dari almond yang dihaluskan ini menghasilkan cairan berwarna kuning yang tidak berbau dengan rasa kacang. Komposisinya yang hampir mirip dengan minyak zaitun membuat sweet almond oil dapat digunakan sebagai pengganti minyak zaitun. Anda bisa menambahkannya pada salad yang anda konsumsi, karena sweet almon oil memiliki beragam manfaat, yakni :

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Sweet almond oil mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dalam konsentrasi yang cukup tinggi. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam “The Journal of Nutrition” pada bulan April 2002 mencatat bahwa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa minyak almond sangat efektif untuk mengurangi low-density lipoprotein koleterol LDL dan meningkatkan perlindungan high-density lipoprotein kolesterol, atau HDL yang dapat mengurangi resiko kardiovaskular.

2. Memberikan Asupan Vitamin E
Vitamin E membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Vitamin ini juga merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan adalah zat yang dapat membantu melindungi tubuh anda dari radikal bebas yang merupakan salah satu moleku perusak sel yang masih sehat. Antioksidan inilah yang yang memiliki kaitan erat untuk mengurangi penyakit kronis, seperti jantung dan kanker.

3. Memberikan Asupan Vitamin K
Vitamin K adalah vitamin yang paling larut dalam lemak. Vitamin ini membantu mengatur aliran darah dan membantu mengatasi pembekuan darah yang efektif. Vitamin K juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Manfaat Minyak Almond untuk Kulit dan Rambut Bayi
Menggunakan minyak almond pada kulit dan rambut bayi merupakan tradisi di India dan beberapa tempat lainnya. Menurut para ahli di Eco Planet, minyak almond mengandung vitamin A, B1, B2, B6, dan E serta lemak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Almond sangat baik untuk digunakan pada bayi karena kaya akan kandungan emolien untuk kulit bayi yang sensitif. Pijat ini dapat dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu :

  1. Pilih tempat yang bersih, lalu tempatkan handuk bersih di pangkuan anda dan letakkan si kecil dalam posisi berbaring.
  2. Gunakan minyak almond untuk memijat kulit kepala bayi anda dengan gerakan lembut dan melingkar menggunakan ujung jari anda. Cara ini dapat menghilangkan serpihan ketombe yang biasanya muncul pada kepala bayi. Cara ini juag dapat membuat kotoran melunak, sehingga anda dapat lebih mudah membersihkannya.
  3. Tuangkan minyak almond beberapa tetes pada jari-jari anda. Sisir rambut si kecil menggunakan jari anda.
  4. Tuang minyak almond dalam jumlah yang lebih banyak pada telapak tangan anda. Gosok tangan anda , lalu pijat kulit bayi, mulai dari tangan hingga bahu kebawah. Kemudian pindah ke kakinya, dada, dan perutnya kemudian bagian punggung. Menurut Angela Sheras dari Vanderbilt University, “Pijat dapat merangsang respirasi, sirkulasi, pencernaan”. Bayi juga akan lebih santai dan dapat tidur lebih nyenyak. Pijat juga mampu membantu menyembuhkan bayi selama sakit. Pijatan juga dapat mendorong ikatan ibu dan bayi.

Sebagai tips, gunakan tisu basah untuk membersihkan sisa minyak di tangan anda sehingga tangan anda tidak licin saat akan mengambil bayi anda

Manfaat Minyak Almond Untuk Rambut
Minyak almond memiliki beberapa nutrisi penting termasuk asam lemak tak jenuh ganda dan mono serta vitamin E, D, B1, B2, B6 dan A yang merupakan nutrisi bermanfaat untuk membuat rambut tumbuh kuat dan membuat setiap helai rambut sehat.

Banyak sekali produk yang menambahkan minyak almond ke dalam rangkaian produknya, karena memang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan rambut tebal nan sehat. Hal ini digunakan untuk membat rambut lebih berkilau. Anda dapat mencampur minyak almond dengan pohon teh. Setelah tercampur rata, pijatlah kulit kepala untuk meningkatkan sirkulasi dan mengurangi ketombe. Jika kita tertaur dalam melakukan pemijatan, maka jumlah rambut rontok pun akan berkurang.

Merawat Kulit Kepala
Penggunaan minyak almond untuk kulit kepala dapat digunakan dengan melakukan pemijatan selama 15-20 menit. Setelah itu, diamkan selama 45 menit dan biarkan semalaman. Paginya, bilaslah dengan keramas menggunakan shampoo.

Untuk Pertumbuhan Rambut
Coba campurkan 3 sendok makan minyak almond kedalam mangkuk denngan bunga sepatu dan 3 sendok makan minyak jarak. Hangatkan sedikit campuran tersebut, dan gunakan pada kulit kepala anda. Laukan pijatan selama 10 menit.
Gunakan handuk sebagai penutup kepala dan biarkans elama satu jam, lalu cuci menggunakan shampoo. Ulangi ritual ini dua kali seminggu selama beberapa bulan untuk melihat rambut mulai tumbuh dengan lebat.

Menjadikan Rambut Berkilau
Gosokkan beberapa tetes minyak almond pada telapak tangan dan terapkan pada rambut agar rambut nampak berkilau.

Menjadikan Rambut Lembut
Rambut lembut dapat diperoleh dengan membuat pasta kental dengan tambahan air dan bubuk henna herbal. Pada hari selanjutnya, tambahkan telur dan tiga sendok makan minyak almond ke dalam campuran. Berikan pijatan lembut selama 10 menit. Anda juga dapat menambahkan minyak lavender untuk mengatasi bau amis pada telur. Diamkan selama satu jam dan cuci rambut menggunakan air dingin. Keringkan dengan handuk.

Tips Cantik Lainnya

Ada 2 komentar untuk artikel “Manfaat Minyak Almond untuk Wajah, Kulit dan Rambut

  1. Dini on July 30, 2016 at 5:38 am said:

    Saya mencoba membuat almond oil.tp saat mblender,almind hancur sperti pasir laut,tidak menggumpal sama sekali..saya diamkan selama 2minggu tak keluar minyak sama sekali..dimana letak kesalahannya ya?

    • Cantika on August 28, 2016 at 5:53 pm said:

      Jika cara diatas tidak berhasil mbak harus dengan metode cold pressed, yaitu biji almond di press dengan mesin hingga keluar minyaknya… Untuk mendapatkan sweet almond oil cold press mbak bisa hubungi CS kami di nomer : 085743435182 / 081355685998 / PIN BB : 2916F91B

      Terimakasih

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation