Manfaat Minyak Jaffaron (Saffaron) Bagi Kulit

Saffron / Zafaron / Jaffaron diperoleh dari bunga kuma-kuma (Crocus sativus). Bagian tangkai putik yang menghubungkan kepala putik dengan bagian bungan paling adalah bagian yang dikeringkan dan disebut “Saffron”. Saffron adalah salah satu rempah-rempah yang paling mahal di dunia hanya karena dalam 150 gram bunga crocus dihasilkan 1 gram benang saffron kering. Untuk menghasilkan 12 gram safron kering diperlukan 1 kg bunga crocus. Satu bunga segar menghasilkan 30 mg saffron segar atau 7 mg kering. Saffron banyak digunakan untuk memasak untuk menambah rasa khas dan aroma untuk hidangan dan juga memiliki kegunaan sebagai obat kesehatan dan kecantikan yang mudah didapatkan.

Saffron mengandung lebih dari 150 senyawa yang mudah menguap dan berbau harum. Senyawa aktif yang tidak menguap adalah senyawa karotenoid, yaitu zeaxanthin, likopen, dan bermacam-macam karoten. Saffron adalah metode penyembuhan herbal, yang mengandung oksida, antidepresan, antiseptik, rempah-rempah kuno ini merupakan sumber yang luar biasa yang kaya akan mineral seperti tembaga, kalium, kalsium, mangan, besi, selenium, seng dan magnesium yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Saffron juga kaya akan berbagai vitamin penting termasuk vitamin A, asam folat, riboflavin, niasin, vitamin C-dll, yang penting untuk menjaga kesehatan optimal dan ini juga membuat kulit menjadi awet muda.

Cara Memilih Saffron
Saffron sangat mahal. Ada banyak produk yang dipalsukan. Hal ini sangat berbahaya bagi kulit karena dapat memicu reaksi alergi atau menyebabkan perubahan yang tidak diinginkan pada kulit Anda. Untuk menentukan apakah Anda memiliki saffron murni atau tidak, benamkan saffron dalam air hangat atau susu. Jika cairan berubah menjadi kuning dengan cepat, maka saffron adalah palsu. Saffron murni akan berubah warna setidaknya 10 sampai 15 menit sebelum berubah menjadi warna keemasan. Anda dapat mencoba salah satu metode di atas di malam hari sebelum tidur,rendam saffron untuk setidaknya sekitar delapan sampai sepuluh jam sebelum dapat digunakan

Tips Membuat Masker dengan menggunakan Saffron

1. Masker Saffron dan Cendana

Bahan :

  •  1 sdt bubuk cendana
  • 2 atau 3 helai saffron
  • 2 sendok makan susu

Cara Membuat :

  • Masukkan semua bahan dalam mangkuk dan campuran mereka semua bersama-sama
  • Cuci muka anda hingga bersih, tepuk ringan dan keringkan dengan handuk
  • Oleskan merata pada wajah Anda
  • Pijat dengan gerakan melingkar
  • Biarkan selama 20 menit
  • Bilas hingga bersih

Anda dapat menggunakan perawatan ini 3 sampai 4 kali seminggu, dan dapatkan kulit cerah dan halus. Saffron juga membantu mempertahankan kelembaban kulit sehingga membuat wajah halus dan lembut.

2. Masker Jerawat

Saffron mengandung anti-bakteri dan sebagai agen pengelupasan alami. Hal ini membuatnya sangat berguna dalam membersihkan jerawat dan juga menghaluskan kulit.
Bahan:
 3 sampai 4 helai saffron
 Susu 1/2 cangkir

Cara Membuat :
 Campurkan saffron dengan susu hingga meresap tunggu sekitar 2 jam
 Lalu oleskan campuran ini pada wajah dan leher
 Tunggu sekitar 10-15 menit dan cuci wajah anda hingga bersih

Ulangi perawatan ini 3-4 kali dalam seminggu makan kulit anda akan terbebas dari jerawat dan bekas-bekas jerawat.

3. Masker Pemutih Kulit

Saffron sangat efektif dan ringa di kulit dan sebagai agen pencerah kulit yang sangat baik.
Bahan :
 2 sampai 3 helai saffron
 Sejumput gula pasir
 1 sdt susu
 1 sdt air
 2 sampai 3 tetes minyak zaitun atau kelapa
 1 lembar roti

Cara Membuat :
 Ambil sekitar 2-3 helai saffron dan campur dengan 1-2 sendok teh air.
 Rendam semalam atau sekitar dua belas jam, warna air akan berubah menjadi emas kekuningan
 Lalu tambahkan susu, gula dan beberapa tetes minyak kelapa atau minyak zaitun ke safron yang telah direndam air
 Benamkan sepotong roti dalam campuran ini, remah-remah roti dan oleskan campuran di wajah Anda
 Tunggu sekitar lima belas menit, cuci bersih dengan air. Ulangi 3-4 kali seminggu.

Beberapa resep masker wajar yang membuat kulit cerah berseri:
Bahan :
 biji bunga matahari
 helai saffron
 air Susu
 krim susu
 madu
 Minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak almond
 Air rebus atau air mineral
 Empat atau lima almond
 daun kemangi
 kunyit

Cara Membuat :

Resep 1: Rendam biji bunga matahari dan kunyit dalam susu selama sekitar delapan sampai sepuluh jam. Haluskan campuran ini dan oleskan pada kulit anda dan pijit dengan gerakan melingkar. Masker ini membuat kulit Anda merona kemerahan.

Resep 2: Campurkan beberapa buah kunyit dengan susu dan minum secara teratur, kulit Anda akan pulih secara alami dan kulit Anda akan menjadi lebih sehat dari dalam.

Resep 3: Anda juga dapat menghaluskan beberapa kunyit dengan minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa atau minyak wijen untuk memijat kulit Anda. Memijat kulit Anda dengan minyak ini memberikan kulit lebih cerah dan lembut.

Resep 4: Campurkan madu dengan beberapa helai safron dan tambahkan ke dalamnya. Oleskan pada wajah anda, kemudian pijat-pijat wajah anda. Ramuan ini merupakan obat rumahan yang memasok oksigen ke kulit dan meningkatkan sirkulasi darah. Saffron dan madu bersama-sama membantu untuk menghilangkan segala jenis bintik-bintik hitam yang ada pada wajah.

Resep 5 : Rendam sekitar 10 kunyit dengan 4-5 almond untuk satu malam. Haluskan dan oleskan pasta selama 15 menit. Ini akan mencerahkan warna kulit serta membawa kembali keseimbangan kelembaban kulit karena minyak almond

Resep 6: Ambil 5 daun kemangi dan 10 sampai 15 kunyit dan haluskan bersama-sama baik. Masukkan adonan ini pada jerawat dan daerah rawan jerawat dua kali seminggu. Jerawat akan hilang dan tidak akan datang lagi.

Resep 7: bintik-bintik hitam dan lingkaran hitam pada wajah dapat dihilangkan dengan menerapkan kunyit yang direndam semalam dengan dua sendok makan air dan kemudian dicampur sampai helai saffron.

Gimana Ladies ? Tertarik melakukan perawatan dengan menggunakan saffron ? selamat mencoba 🙂

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation