Manfaat Rumput untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Rumput untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Rumput laut merupakan gulma yang berada di laut. China dan Jepang adalah dua negara yang paling banyak memanfaatkan rumput laut. Mereka mengolah rumput laut menjadi berbagai panganan lezat yang menggoyangkan lidah.

Rumput laut mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap antara lain protein 5.4%, karbohidrat 33.3%, lemak 8.6%, serat kasar 3% dan abu 22.25%. Selain itu, rumput laut juga mengandung enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin (A,B,C,D, E dan K) dan makro mineral seperti nitrogen, oksigen, kalsium dan selenium serta mikro mineral seperti zat besi, magnesium dan natrium. Kandungan asam amino, vitamin dan mineral rumput laut mencapai 10 -20 kali lipat dibandingkan dengan tanaman darat.

Namun bukan hanya kaya akan nutrisi, ternyata rumput laut memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Rumput Laut untuk Merawat Wajah

1. Mengurangi minyak pada wajah dan menipiskan noda hitam
Di pasaran, masker dari rumpt laut telah banyak ditemui. Masker rumput laut sangat seuai untuk kulit berminyak karena kandung mineralnya bisa mengurangi lemak dan minyak yang berlebihan. Masker ini juga untuk menipiskan noda-noda hitam bekas jerawat pada wajah.

2. Membantu mengatasi jerawat
Jerawat disebabkan oleh aktivitas kelenjar sebum atau minyak yang sebenarnya berfungsi mencegah kulit dari kekeringan. Kelenjar sebum yang tersumbat dan adanya bakteri akan menyebabkan peradangan pada pori-pori kulit. Rumput laut yang mempunyai efek anti-inflamasi (anti radang) mengurangi pembengkakan jerawat dan dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dalam waktu 1-15 menit setelah diaplikasikan pada wajah.

3. Menghaluskan kulit
Rumput laut Jika diaplikasikan langsung pada kulit juga dapat digunakan sebagai pengangkat sel kulit mati alami sehingga kulit menjadi lebih cerah dan halus. Antioksidan didalamnya juga dipercaya bisa melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Cara Membuat Masker Rumput Laut untuk Wajah

  1. Siapkan lembaran rumput laut kering yang tidak berbumbu (rumput laut yang masih alami) lalu sobek sobek menjadi beberapa bagian kecil kecil.
  2. Ambil air hangat (jangan yang terlalu panas) lalu masukkan potongan kecil rumput laut tadi ke dalamnya, tunggu sekitar 5-10 detik.
  3. Campurkan beberapa tetes natural oil untuk memberikan nutrisi lebih pada masker Anda. Natural oil yang bisa di tambahkan adalah Argan oil yang memiliki kandungan vitamin E tinggi, sedikit tea tree oil jika wajah Anda berjerawat.
  4. Setelah tercampur sempurna, tempelkan masker rumput laut ke wajah Anda. Tunggu sekitar 30-45 menit hingga maskernya kering di wajah dan nutrisi dari masker terserap sempurna pada wajah Anda.
  5. Bilas dengan air bersih, lakukan perawatan wajah dengan rumput laut ini 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah cerah dan kenyal alami.

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh

1. Antikanker
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka. Senyawa yang berperan adalah klorofil yang berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh dan juga bekerja mencegah kanker.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular
Ekstrak rumput laut juga dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Ini merupakan kabar baik bagi pengidap stroke. Mengonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.

3. Kaya serat
Rumput laut sangat baik untuk diet karena kandungan serat dan protein yang tinggi sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Selain itu rumput laut dapat membantu meluruhkan lemak–lemak di perut, sehingga jika dikonsumsi secara teratur dapat mengurangi resiko obesitas.

4. Mencegah osteoporosis
Kandungan kalsium dalam rumput laut ternyata 10 kali lebih tinggi dibanding susu, sehingga sangat baik untuk mengurangi dan mencegah gejala osteoporosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *