Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan

Teh hijau banyak ditemukan di daratan Asia. Reputasinya untuk kesehatan dan kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Teh hijau banyak digunakan dalam suplemen dan berbagai produk perawatan kulit karena selain memiliki efek yang bermanfaat, efek sampingnya juga sangat minimal. Apa aja ya manfaat tersebut?

Mengatasi jerawat
Teh hijau dianggap efektif dalam mengatasi jerawat. Menurut PioneerThinking.com, sebuah studi kesehatan mengindikasikan bahwa teh hijau sama efektifnya dengan benzoil peroksida dalam membasmi jerawat. Tapi, teh hijau dianggap relatif lebih aman karena benzoil peroksida dapat menimbulkan rasa kering, gatal, dan mengiritasi pada kulit.

Teh hijau juga mampu meredakan radang dan memiliki efek antioksidan. Untuk mengatasi jerawat, sista bisa mengoleskan krim wajah yang mengandung teh hijau, atau bisa juga dengan menggunakan air teh hijau langsung pada daerah berjerawat. Dapatkan juga manfaat tambahan dengan meminum langsung teh hijaunya.

Anti penuaan dini
Teh hijau juga dapat digunakan untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan. Sebuah studi di Korea, pada tahun 2005 dalam “American Journal of Chinese Medicine” menyimpulkan bahwa polifenol dalam teh hijau memiliki efek antikeriput.

Walaupun tidak ada bukti yang menyimpulkan bahwa teh hijau dapat mengembalikan keremajaan kulit, tapi herbal yang satu ini memang dapat memperlambat proses penuaan. Selain dengan jalan meminumnya, efek anti penuaan teh hijau bisa didapat dengan jalan membekukan air teh hijau lalu mengoleskannya pada wajah. Gunakan saat suhu kulit wajah dalam keadaan normal.

Membantu menurunkan berat badan
Teh hijau juga dipercaya sebagai penurun berat badan yang efektif. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme dan mempercepat penurunan berat badan jika diimbangi dengan diet sehat dan olahraga teratur.

Anti ultraviolet (UV)
Sinar UVB yang dipancarkan oleh matahari merupakan musuh kulit. Menurut Mayo Clinic, yang mempublikasikan di “Journal of Photochemistry and Photobiology” pada Desember 2001, teh hijau mampu membantu melindungi kulit dari sinar UVB tersebut.

Mengatasi mata bengkak
Kantung teh hijau dapat membantu meredakan bengkak pada mata. Tanin, senyawa mirip astringent, yang terkandung dalam teh hijau dapat mengecilkan pelebaran pembuluh darah pada kulit. Website The Mother Nature merekomendasikan untuk mengaplikasikan kantung teh hijau basah pada mata yang bengkak untuk meredakannya. Diamkan selama 15 menit. Untuk lebih mendinginkan, bisa dengan cara mendinginkan terlebih dahulu kantung teh hijau basah tersebut sebelum digunakan.

Toner
Teh hijau dapat juga digunakan sebagai toner untuk mencerahkan kulit, mengecilkan pori, dan membersihakn wajah. Untuk menggunakannya, Smart Skin Care menginformasikan agar sista mendinginkan air teh hijau dalam kulkas. Basahi kapas dengan air teh hijau dingin tersebut, lalu aplikasikan pada wajah. Gunakan saat suhu kulit wajah dalam keadaan normal.

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan

  1. anya niapele on January 27, 2013 at 3:32 pm said:

    Hmm makasih y infonya,,
    Dulu wktu msh SMA aku sering menggunakan the untuk cuci muka dan memang dulu muka ku kinclong dan bersih tapi mungkin juga faktor bertambah’a usia juga kali y skg muka aku ud kusam bngt dan bnyk bekas jerawatnya,,
    Karena setelah pertengahan kuliah smpe skrg nggak pernah menggunakanya lgi,

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation