Manfaat Ubi Jalar untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Ubi Jalar untuk Kecantikan dan Kesehatan

Ubi jalar seringkali dianggap makanan pedesaan dan tidak bergengsi. Tahukah ladies, nutrisi apa saja yang terkandung dalam ubi jalar? Ubi jalar mengandung Omega 3, asam lemak magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng dan vitamin A, B, C, K dan E. Ubi jalar dianggap sebagai sumber makanan yang sangat baik dari alam, mempromosikan kesehatan senyawa yang dikenal sebagai beta-karoten dan antosianin. Beta-karoten dikenal untuk mengurangi risiko beberapa penyakit kronis, termasuk kanker, penyakit jantung, degenerasi makula dan katarak. Mengandung antosianin sebagai pigmentasi dan anti inflamasi yang berguna menghilangkan kerutan, menghilangkan lingkaran gelap pada mata, dan mengurangi mata bengkak . Vitamin A, B dan C memiliki sifat anti-oksidan yang membantu dalam melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Berikut adalah manfaat ubi jalar untuk kecantikan dan Kesehatan :

Perawatan kulit berminyak
Rebus ubi jalar. Biarkan dingin kemudian haluskan. Tambahkan satu sendok makan madu dan usapkan pada wajah. Biarkan selama 20-30 menit dan bersihkan. Anda juga dapat menambahkan 2-3 sendok teh jus lemon.

Meningkatkan Tekstur Kulit
Setelah mendidih ubi jalar, jangan membuang air. Hal ini dikemas dengan nutrisi yang dapat membantu dalam meningkatkan tekstur kulit Anda dan membersihkan kulit Anda. Setelah mendidih ubi jalar, saring airnya. Simpan air ini dalam botol dan masukkan di lemari es untuk didinginkan. Gunakan air ubi manis sebagai toner untuk kulit. Toner alami ini akan membantu menyerap kotoran, dalam membersihkan pori-pori Anda dan mengobati kulit yang teriritasi.

Merawat kaki kering dan pecah-pecah
Jika Anda memiliki kaki kering dan tumit pecah-pecah, Rebus ubi jalar, gunakan air bekas rebusan untuk berendam, biarkan tetap sedikit hangat dan rendam kaki Anda di dalamnya. Ini akan membantu dalam menyingkirkan tumit pecah-pecah dan kaki kering.

Menghilangkan lingkaran gelap pada mata & mata bengkak
Ketika anda sedang makan ubi jalar rebus, Ambil dua potong, haluskan dan oleskan di mata Anda. Seperti disebutkan sebelumnya, kandungan antosianin di dalam ubi jalar membantu mengurangi pigmentasi dan memiliki sifat anti-inflamasi yang akan membantu dalam menyingkirkan lingkaran hitam, keriput dan mata bengkak.

Mencegah penuaan dini
Untuk meremajakan kulit kering Anda, ambil satu ubi jalar besar dan didihkan sampai cukup lunak pastikan kulit dapat ditarik dengan mudah. Ambil 1 sendok makan madu, 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan jus jahe yang diekstraks dari akar jahe yang diperas dengan kain. Haluskan semua bahan bersama-sama sampai menjadi pasta halus. Oleskan masker ke wajah. Biarkan selama 20-25 menit. Bilas dengan air hangat. Masker ini akan membuat kulit Anda segar, terhidrasi dan mencegah penuaan dini. Anda dapat menyimpan masker ini selama 2-3 hari di lemari es, untuk anda gunakan kembali.

Melembabkan kulit
Untuk membuat scrub ringan untuk kulit kering anda, mengambil rebus satu ubi jalar, 1 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan yogurt dan campur bersama-sama sampai membentuk pasta kasar. Gunakan ini untuk menggosok kulit Anda dalam gerakan melingkar lambat dan mencucinya dengan air hangat diikuti dengan melembabkan kulit anda dengan menggunakan pelembab favorit Anda.

Perawatan rambut kering
Ubi jalar bekerja dengan sangat baik untuk rambut anda. Ambil satu ubi jalar besar, 1 cangkir yogurt, 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak almond. Haluskan semua bahan sampai menjadi campuran halus, Oleskan pada rambut dan biarkan selama 15-20 menit. Bagi yang memiliki rambut sangat kering, Anda juga dapat menambahkan 2-3 sendok makan santan dari sisa bahan.

Meningkatkan metabolisme & Mengatasi nyeri haid
Mangan ditemukan di dalam ubi jalar membantu dalam meningkatkan metabolisme dan menjaga keseimbangan gula darah. Hal ini juga membantu menekan nafsu makan anda untuk mencegah anda makan berlebihan sehingga membantu dalam menurunkan berat badan. Hal ini juga membantu dalam mengobati anemia dan meredakan nyeri haid.

Ubi jalar dikategorikan sebagai makanan super, karena memiliki jumlah nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan lain. Ubi jalar memberikan jumlah mineral yang penting seperti zat besi, kalsium, magnesium, mangan, dan kalium yang penting untuk enzim, protein, dan metabolisme karbohidrat. Ubi jalar juga kaya akan flavonoid, anti-oksidan dan serat makanan yang penting untuk kesehatan anda secara keseluruhan.
Manfaat ubi jalar jauh melebihi nilai gizi yang ditemukan pada kentang. Namun, umbi ubi jalar mengandung lemak jenuh atau kolesterol dan merupakan sumber yang kaya akan serat makanan, anti-oksidan, vitamin, dan mineral.

Manfaat Ubi Jalar untuk Kulit:

 Menjaga Elastisitas Kulit
Ubi jalar merupakan sumber yang sangat kaya vitamin C yang dikenal untuk memproduksi kolagen. Kolagen membantu dalam menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tampak awet muda.

 Anti-oksidan
Ubi jalar terdiri dari beta-karoten atau vitamin A yang merupakan anti-oksidan yang penting dan dikenal untuk mencegah berbagai jenis kanker. Memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan UV yang berlebihan dan memberikan lapisan internal sebagai perlindungan kulit dari sinar UV yang berbahaya dari matahari.

 Agen anti stress
Ubi jalar mengandung banyak jumlah mineral seperti magnesium dan besi. Magnesium dipercaya untuk membantu dalam relaksasi dan bertindak sebagai buster stres bagi kulit.

 Beauty Food
Ubi jalar selain mengandung vitamin A & C, juga mengandung vitamin E yang diketahui bermanfaat bagi kesehatan kulit. Ini meningkatkan kulit, sehingga memberikan kulit mulus. Vitamin ini (A, C & E) terdiri bersama-sama dikenal sebagai ‘beauty food’ untuk kulit.

Manfaat Ubi Jalar untuk Rambut:
 Mempercepat pertumbuhan rambut
Kehadiran vitamin A atau beta-karoten dalam ubi jalar membuatnya menjadi makanan ideal untuk pertumbuhan rambut. Defisiensi yang dapat menyebabkan masalah rambut seperti kusam, rusak dan kering.

 Membuat rambut berkilau alami
Masker ubi jalar bersama dengan bahan lain seperti madu, yoghurt dan minyak zaitun bermanfaat untuk rambut kusam dan kasar, membuat rambut terhidrasi dan membuat rambut berkilau alami.

Gimana Ladies? Tertarik dengan perawatan menggunakan ubi jalar. Jangan lupa tulis komentarmu Ladies 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *