Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jika anda adalah orang Jawa asli, pasti sangat familiar dengan minuman wedang jahe. Wedang jahe memang merupakan minuman tradisional asli dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dalam terjemahan bahasa Jawa, kata “wedang” tersebut berarti minuman hangat.

Wedang jahe biasa dimanfaatkan sebagai minuman untuk penghangat tubuh ataupun sebagai jamu mengobati beberapa penyakit, seperti radang tenggorokan dan batuk-batuk.

KECANTIKAN.

1. Melangsingkan Tubuh.
Siapa bilang melangsingkan tubuh pasti ribet? Nah sekarang anda patut tahu bahwa jahe berkhasiat  membakar kalori menjadi panas tubuh serta melancarkan metabolisme tubuh. Tak hanya itu, Ladies, jahe mengandung sedikit kalori, sehingga tidak memicu kenaikan berat badan.

2. Anti-aging.
Kandungan zat anti-oksidan dalamJahe bermanfaat sebagai obat anti penuaan. Zat tersebut dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Wedang jahe bisa menjadi alternatif minuman alami untuk awet muda.

3. Obat jerawat.
Salah satu penelitian di Universitas Maryland Midical Center, ternyata memaparkan bahwa jahe membantu mencegah timbulnya jerawat. Namun Ladies, ada batasan untuk mengkonsumsi jahe, yaitu maksimal 4 gram per hari. Karena mengonsumsi jahe berlebihan dapat menyebabkan mulas ataupun diare.

KESEHATAN.

1. Obat anti-nyeri.
Jahe juga mengandung efek anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi.
Jahe memiliki kemampuan melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Oleh karena itulah darah akan mengalir lebih cepat dan menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Membersihkan Kotoran di Dalam Tubuh.
Jika kita menyantap wedang jahe dalam keadaan hangat, biasanya setelah itu kita akan berkeringat. Melalui keringat tersebut akan mengeluarkan berbagai kotoran jahat yang ada di dalam tubuh.

4. Mencegah Penggumpalan Darah.
Jahe mengandung senyawa gingerol. Gingerol ini merupakan salah satu senyawa yang dapat mencegah penggumpalan darah karena akan berubah menjadi antikoagulan (zat anti penggumpalan darah).

5. Mencegah Kanker Usus.
Menurut penlitian Universitas Michigan, jahe dapat menyembuhkan kanker usus besar. Dari hasil percobaan yang menggunakan 30 orang relawan ini selama 28 hari, menunjukkan bahwa sel-sel kanker pada usus besar mati ketika masuk ke dalam campuran antara air dan larutan jahe. Kanker usus besar didahului oleh pembengkakan pada usus besar, dan jahe bisa menyembuhkan pembengkakan yang terjadi.

CARA MEMBUAT WEDANG JAHE.
Ladies, membuat wedang jahe sangat mudah,cepat dan simple. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa ruas jahe. Lalu kupas kulitnya, baru cuci. Setelah itu rebus air hingga mendidih dan masukkan jahe ke dalam rebusan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *