Masker Sayuran pun Bisa Bikin Cantik!

Mengkonsumsi sayuran setiap hari memang sangat dianjurkan karena selain menyehatkan, juga sanagt bagus bagi kulit. Sayuran segar dapat membuat wajah sista lebih lembut dan lembab. Selain dimakan, sayuran juga bisa diolah menjadi perawatan kecantikan. Berikut beberapa jenis sayuran yang selain menyehatkan dari dalam, juga dapat mempercantik kulit dari luar.

1. Wortel
Sayuran berwarna orange ini mengandung beta karoten dan vitamin A yang tinggi. Kedua zat tersebut sangat baik untuk melembutkan dan membuat kulit kering jadi bercahaya. Minyak essensial wortel kini telah banyak dimanfaatkan dalam produk kecantikan seperti masker. Cara menggunakannya, rebus wortel yang telah dibersihkan, kemudian tumbuk dan tambahkan 4 ½ sendok teh madu. Usapkan campuran tersebut pada wajah yang telah dibasuh air hangat lalu lakukan pemijatan pelan. Kemudian diamkan krim tersebut selama kurang lebih 10 menit setelah itu bersihkan.

2. Labu
Labu mengandung vitamin A dan C serta mineral zinc yang sangat baik untuk kulit kering. Masker labu juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah lho. Caranya campurkan 2 sendok teh labu segar atau labu yang telah direbus. ½ sendok teh madu dan ¼ susu atau susu kedelai. Gunakan pada wajah yang telah dibersihkan kurang lebih 10-15 menit. Lakukan pemijatan ringan. Setelah itu keringkan dan gunakan pelembab yang biasa sista pakai.

3. Mentimun
Mentimun memiliki sifat untuk mendinginkan dan penuh dengan emolien yang sangat bermanfaat digunakan saat musim panas. Jika kulit sista terbakar sinar matahari, gunakanlah masker mentimun untuk mengobati kulit yang iritasi. Untuk mendinginkan dan menyegarkan kulit wajah, cukup campur dan haluskan satu mentimun dengan 300 gram susu cair. Usapkan pada wajah yang telah dibersihkan, diamkan selama lima menit dan bersihkan dengan air dingin.

4. Lobak
Sayuran berwarna putih ini memiliki potensi untuk melembabkan kulit. Caranya cukup dengan mencampurkan lobak segar atau jus lobak dengan kuning telur, yoghurt dan mentimun. Bersihkan wajah dengan air hangat, keringkan lalu aplikasikan campuran pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelahnya, cuci muka dengan air hangat. Gunakan masker ini rutin seminggu sekali untuk meremajakan kulit kering.

5. Seledri
Bagi pemilik kulit berminyak, cobain deh masker seledri. Caranya dengan menggunakan tumbukan seledri sebagai masker atau bisa juga menggunakan air rebusan seledri sebagai toner. Seledri memiliki kemampuan menyeimbangkan kadar minyak di wajah. Gunakan masker atau toner tersebut seminggu 1-2 kali ya.

Tertarik mencoba masker-masker sayuran tersebut? Selain digunakan dari luar, konsumsi juga sayur-sayuran tersebut ya… bukankah cantik dan sehat merupakan sinergi yang bagus? Nikmatilah kulit halus dan cerah dambaan setiap wanita setelah menerapkannya.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation