Memanfaatkan Kosmetik Yang Tidak Dipakai Lagi

Memanfaatkan Kosmetik Yang Tidak Dipakai Lagi

Suka gonta-ganti kosmetik atau coba-coba kosmetik? Kebayang dong meja rias bakalan penuh botol-botol kosmetik yang beraneka ragam. Kalau kemudian cocok dan sesuai dengan jenis kulit sih nggak masalah, tapi kalau jadi beruntusan, purging, jerawatan dan segala macam efek yang nggak banget itu, pasti langsung stop memakainya. Padahal isinya masih banyak. Mau dibuang begitu saja? Duh sayang banget ya.

Ada beberapa tips memanfaatkan kosmetik yang masih bagus namun tidak terpakai lagi. Sebelumnya lihat dulu tanggal kadaluarsanya ya, kalau udah kadaluarsa ya langsung buang tanpa ampun setelah botolnya dirusak. Jangan sampai kosmetik tersebut malah membahayakan orang lain atau lingkungan sekitar.

Yuk intip beberapa tips memanfaatkan kosmetik yang sudah tidak dipakai lagi :

1. Dijual
Di forum-forum seperti female daily seringkali dijual kosmetik yang masih layak pakai. Atau infokan saja melalui jejaring sosial. Syaratnya, tentu saja kosmetik tersebut masih layak pakai, belum kadaluarsa dan biasanya isinya baru berkurang sedikit. Tentunya dijual dengan harga yang di bawah harga beli baru. Para beauty blogger juga sering melakukan penjualan kosmetik layak pakai, apalagi kalau mereka membeli produk kosmetik tersebut hanya untuk review produk di blognya.

2. Diberikan kepada orang lain
Selain dijual, kosmetik tersebut juga bisa dihibahkan ke orang lain yang kira-kira mau dan cocok memakainya. Bisa juga barter dengan teman kalau cocok. Lumayan kan? Meja rias lebih lapang, hati orang lain jadi senang dan kita sendiri Insya Allah mendapatkan pahala 

3. Dimanfaatkan kembali
Ini berlaku untuk produk-produk skincare seperti pelembab, sunblok, pembersih penyegar, peeling, masker dan sejenisnya. Peeling yang masih layak pakai bisa digunakan untuk telapak tangan atau kaki karena efek iritasinya lebih kecil daripada di wajah. Ketika melakukan manicure atau pedicure sendiri di rumah, bisa membersihkan telapak tangan dan kaki dengan pembersih dan penyegar wajah yang sudah tidak terpakai. Sunblock yang tidak cocok di wajah juga bisa digunakan di tangan, apalagi untuk yang sering bepergian dengan mengendarai sepeda motor. Lumayan kan nggak perlu beli handcare atau footcare series untuk merawat telapak tangan dan kaki?

Bahkan body lotion yang sudah tidak terpakai pun bisa digunakan untuk membersihkan sepatu yang bahannya dari kulit sintetis. Caranya, usapkan saja body lotion ke badan sepatu, gosok-gosok hingga kotoran terangkat kemudian usap dengan kapas hingga bersih. Cara ini lebih cepat dan instan untuk membersihkan sepatu daripada harus mencucinya terlebih dahulu.

Nah, mudah bukan memanfaatkan kosmetik layak pakai yang sudah tidak digunakan lagi. Jangan sampai meja rias kita menjadi penuh botol-botol yang tidak terpakai lagi dan kita malah kebingungan sendiri bagaimana cara menyingkirkan botol-botol tak terpakai yang isinya baru berkurang sedikit saja. Selamat mencoba 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *