Mencegah Penyakit Jantung Pada Anak, Dengan Rutin Berolahraga Saat Hamil

Mencegah Penyakit Jantung Pada Anak, Dengan Rutin Berolahraga Saat Hamil

Ibu hamil memang sebaiknya harus menjaga pola makan dan pola hidupnya agar sang Ibu dan janin selalu sehat didalam kandungan dengan nutrisi yang baik yang dibutuhkan untuk perkembangan janin itu sendiri. Selain itu juga, agar Ibu hamil selalu sehat serta kandungan terjaga baik Ibu hamil juga disarankan untuk selalu berolahraga ringan dan juga rutin seperti halnya senam hamil, biasanya Ibu hamil disarankan untuk melakukan olahraga yang berintensitas sedang selama 30 menit dan dilakukan beberapa kali dalam seminggu.
Adapun olahraga ringan yang biasa dilakukan seperti jalan cepat atau berdansa yang dapat mengurangi penambahan berat badan serta mempermudah proses persalinan nanti. Adapun manfaat lain pada olahraga ini juga telah ditemukan oleh para peneliti gabungan dari AS dan Jerman. Peneliti yang berasal dari California State University dan University of Greifswald Jerman ini mengamati efek kehamilan pada induk babi.
Hal ini dikarenakan babi memiliki kemampuan yang dapat merespons rejimen olahraga yang baik dibandingkan tikus, selain itu juga babi memiliki respos biologis terhadap olahraga sama seperti manusia. Induk – induk babi yang tengah hamil ini dibuat berlari diatas treadmill selama 20-45 menit pada usia minggu – minggu terakhir kehamilan, sekitar 15 minggu selama lima kali perminggu. Setelah itu, mereka membunuh anak – anak babi untuk diteliti pada usia tiga, lima, dan sembilan bulan agar sampel darah, arteri dan hati.
Setelah itu mereka membandingkan dengan sampel dimana induk babi pada saat kehamilan tidak melakukan olahraga, dan dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan berolahraga saat kehamilan yaitu dapat meningkatkan fungsi otot polos pembuluh darap pada anak babi. Sama seperti halnya manusia, ketika sang Ibu berolahraga rutin saat kehamilan dapat meningkatkan fungsi otot polos pembuluh darah pada bayi yang dikandungnya dan juga meningkatkan fungsi vaskularnya. Dan diketahui pula bahwa fungsi vaskular ini dapat bertahan hingga bayi tumbuh dewasa, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Penemuan tersebut juga diklai merupakan penemuan terbaru yang dapat membuktikan pengaruh besarnya fungsi olahraga terhadap penurunan resiko penyakit kardiovaskular atau jantung.
Namun penelitian ini juga diakui para peneliti tersebut, bahwa mereka masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh olahraga terhadap sirkulasi darah, perubahan fungsi pembuluh darah, yang juga berdampak terhadap resiko penyakit kardiovaskular pada anak seperti jantung dan stroke.
Walau bagaimanapun, olahraga juga memang sangat dibutuhkan bagi para Ibu hamil karena agar ibu hamil menjadi lebih relaks, dapat menghilangkan stress pada saat kehamilan, selain itu juga dapat memperlancar proses persalinan nantinya. Nah, bagi anda yang sedang hamil sebaiknya harus rutin melakukan olah raga ringan, disamping menjaga pola makanny ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *