Mengapa Tidak Baik Sering Makan Mie Instan?

Mengapa Tidak Baik Sering Makan Mie Instan?

Siapa yang tidak doyan makan mie instan? Praktis, cepat, dan lezat! Makanan cepat saji tersebut memang disukai semua kalangan dengan berbagai varian rasanya. Terutama bagi anak kost, mie instan adalah makanan andalan.

Belum banyak yang memahami bahwa mie instan sebenarnya tidak baik dikonsumsi rutin bagi kesehatan. Anda dan keluarga boleh-boleh saja memakan mie instan, tapi Anda juga harus mengontrolnya.

Sangat perlu diperhatikan, mengapa tidak baik makan mie instan. Berikut ini  kita simak alasannya.

1. Mengandung zat lilin.
Mie mengandung zat lilin, yang mana tubuh kita perlu mencerna zat tersebut selama kurang lebih 3 hari. Apabila kita tiap hari mengonsumsinya, tentu zat lilin akan menumpuk-numpuk dalam tubuh. Hal itu tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama organ pencernaan, seperti usus.

2. Penyebab kanker.
Bumbu mie instan mengandung zat aditif seperti MSG, yang bisa menjadi pemicu kanker dalam tubuh.

3. Terserang Chinese Restaurant Syndrome.
Bahaya makan mie instan yang satu ini lebih seperti keracunan. Hal ini efek dari MSG yang terdapat pada bumbu mie instan. Ada beberapa orang yang tidak tahan dengan MSG, lalu merasakan pusing dan sesak nafas setelah makan mie instan. Namun penyakit ini tidak terlalu fatal, karena akan sembuh setelah 2-3 jam kemudian.

4. Dapat merusak jaringan otak.
Mengonsumsi mie instan secara terus-menerus menyebabkan zat berbahaya menumpuk didalam tubuh, sehingga dapat merusak jaringan sel otak. Hal inilah yang memicu penyakit stroke dan kelumpuhan.

Maka dari itu, hindari makan mie instan tiap hari. Luangkan waktu bagi tubuh untuk mencerna zat lilin dari mie itu sekitar 3-4 hari. Alangkah baiknya, makan  mie instan 1 minggu sekali ketika sedang berselera.

Selain itu Anda harus memperhatikan pula cara yang baik memasak mie instan, berikut ini:

1. Buanglah air rebusan pertama mie.

2. Air rebusan yang pertama jangan digunakan untuk kuah mie.

3. Untuk mie kuah, buang air rebusan pertama (atur waktu agar mie tidak terlalu lunak), lalu masak kembali mie instan dengan air mendidih yang baru, masak sampai mie matang.

4. Jangan memasak mie instan bersamaan dengan bumbunya, karena MSG yang terkandung didalamnya apabila dimasak diatas suhu 120°C akan berpotensi menjadi KarsinogenPembawa Kanker. Perhatikan prosedur penyajian pada bungkus mie instan, semua menganjurkan agar mie dimasak dahulu baru ditaburi bumbu.

Masih sering makan instan, seberapa peduli Anda terhadap kesehatan Anda?

4 Comments

  1. ,,,klau kyak gni sya bru tau,,,,skitar 1 blan yg lalu sya trkena tipes sma gngguan usus,,,it krna sya sring mkan mie rebus ma mie mntah,,,wktu it sya ngekos djkarta,,,pntesan skitnya kmbuh muluk,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *