Mengatasi Kulit Berminyak Secara Alami

Memiliki kulit wajah berminyak memang dilematis. Di satu sisi mereka memiliki keuntungan yakni awet muda yang baru akan terasa saat tua nanti. Tapi pemilik kulit berminyak biasanya resah saat masih muda karena selain membuat wajah mengilap, juga dapat memicu timbulnya jerawat dan komedo.

Sebagian besar orang biasanya memilih untuk menggunakan produk-produk kimia untuk menekan produksi minyak pada wajah. Padahal hal itu sangatlah keliru. Penggunaan bahan-bahan kimia tersebut justru akan merusak kelembaban alami kulit. Efek jangka pendek yang mungkin timbul adalah iritasi sedangkan efek jangka panjangnya adalah berkurangnya kelembaban kulit di masa tua. Akibatnya kulit pun mudah sekali keriput.

Sebenarnya untuk mengatasi minyak berlebih pada wajah di masa muda cukup dengan rajin membersihkan wajah, banyak minum air putih, rutin melakukan pengelupasan sel-sel kulit mati, dan menyerap kelebihan minyak dengan kertas minyak. Selain cara-cara tersebut, bisa juga dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut yang tentu akan relatif lebih aman.

Jeruk Nipis
Jeruk yang satu ini akan meluruhkan minyak di wajah dengan cepat. Jeruk nipis juga mengandung astringent yang akan membantu mengecilkan pori-pori. Air jeruk nipis juga memiliki sifat antibakteri yang akan membantu membasmi jerawat. Selain itu kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan membantu mencerahkan kulit wajah. Tidak perlu khawatir dengan rasa perih saat pertama kali menggunakannya, itu hanyalah pertanda bahwa pori-pori sista tengah terbuka saat terkena zat asam dari air jeruk nipis.

Seledri
Seledri selama ini terkenal sebagai penurun tekanan darah. Tapi ternyata daun beraroma khas ini juga bisa membantu mengurangi minyak di wajah lho. Caranya cukup dengan merebus segenggam daun seledri dalam 400 mL air. Setelah itu biarkan sampai suhunya normal atau bahkan bisa juga disimpan dalam botol dan didinginkan dalam kulkas agar lebih segar saat digunakan. Tapi jangan terlalu lama menyimpannya di kulkas, maksimal hanya tiga hari. Cara menggunakannya adalah dengan menggunakan kapas atau washlap yang dibasahi dengan air rebusan seledri lalu diusapkan pada wajah.

Wortel
Sayuran berwarna orange ini mengandung banyak antioksidan yang bagus untuk kulit. Ternyata wortel juga mammpu membantu menyeimbangkan kadar minyak pada wajah. Sayuran ini akan mengurangi minyak pada wajah tanpa membuatnya kering. Caranya cukup dengan memarut wortel lalu menjadikannya sebagai masker.

Tomat
Sayuran merah segar ini juga bisa lho untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya mudah, cukup dengan menghaluskannya lalu menjadikannya sebagai masker wajah. Bisa juga dengan mengiris-iris tomat lalu menempelkannya pada wajah. Lakukan secara rutin dan minyak di wajah akan berkurang.

Teh
Gunakan air teh hitam yang sudah didiamkan semalaman atau air teh hijau untuk membasmi minyak di wajah. Bisa dengan cara menggunakan air tersebut untuk cuci muka, bisa juga dengan menggunakan kapas. Air teh yang dingin selain bisa membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah juga mampu membantu mengecilkan pori-pori.

Selamat mencoba!

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation