Mengatasi Rambut Bercabang atau Pecah-pecah

Mengatasi Rambut Bercabang atau Pecah-pecah

Rambut sangat penting dalam mempercantik penampilan wanita. Oleh karenanya rambut disebut sebagai mahkota. Kesehatan rambut juga merupakan simbol kesehatan tubuh. Jika tidak telaten merawatnya, rambut bisa saja mengalami stress dan rusak. Salah satu jenis kerusakan yang lazim ditemukan adalah kondisi rambut yang bercabang atau pecah-pecah.

Penyebab rambut bercabang
1. Rambut terlalu sering mengalami gesekan yang disebabkan oleh sisir maupun handuk yang digunakan untuk mengeringkan rambut setelah keramas.
2. Terlalu sering menggunakan produk kecantikan rambut yang mengandung senyawa kimia berbahaya.
3. Terlalu sering menggunakan alat-alat penataan rambut yang menggunakan panas tinggi.
4. Rambut tidak terlindungi dan terlalu lama terpapar sinar UV yang dipancarkan matahari.
5. Kurangnya nutrisi yang dibutuhkan rambut akibat tidaks eimbangnya pola makan. Nutrisi rambut penting bagi rambut untuk memberikan pertahanan dalam kelangsungan hidupnya.
6. Semakin bertambah usia seseorang, umumnya rambut akan semakin kering karena kadar minyak yang diproduksi kulit kepala akan berkurang. Kekeringan ini yang dapat memicu rambut menjadi pecah atau bercabang

Penanganan rambut bercabang
1. Potong ujung rambut yang terlihat bercabang.
Hal ini merupakan langkah paling praktis dan cepat. Namun bukan berarti rambut Anda tak akan bercabang lagi. Ini adalah solusi sementara yang perlu dikombinasikan dengan perawatan lain sehingga rambut tidak akan kembali bercabang.
2. Jangan sering menggosok rambut apalagi dengan handuk kasar sebab akan membuat rambut rusak dan cenderung kering. Jauh lebih sehat jika membiarkan rambut kering secara alami. Selain itu gunakanlah sisir yang renggang terutama saat rambut basah. Penggunaan sisir bergigi rapat akan memberikan gesekan yang lebih besar pada rambut.
3. Hindari penggunaan alat penata rambut yang memberikan panas tinggi seperti hair dryer atau catok rambut.
4. Lakukan trim (pemotongan ujung rambut) setiap enam sampai delapan minggu sekali sepanjang kira-kira satu sampai dua cm. Gunakan juga model rambut yang delayer untuk menyamarkan rambut bercabang.
5. Jangan terlalu sering berenang. Klorin yang biasa ada pada air di kolam renangmemiliki efek yang tak baik bagi rambut. Jika memang sedang ingin berenang, gunakanlah penutup rambut sehingga rambut terlindungi dari klorin.
6. Rutinlah menggunakan kondisioner. Namun jangan menggunakannya di kulit kepala tetapi aplikasikan secara merata di batang sampai ujung rambut agar lebih lembab dan tidak kering. Ingat, rambut kering adalah penyebab rambut bercabang.
7. Alternatif terbaik dari dapur adalah mayonnaise. Ternyata kondisioner dari mayonnaise cukup ampuh melembabkan rambut dan mengusir rambut bercabang. Bahan-bahan lain yang bisa digunakan adalah minyak zaitun atau alpukat.
8. Selain perawatan dari luar, rambut sehat juga harus dirawat dari dalam. Konsumsilah makanan dengan kandungan protein yang tinggi sebab akan memperkuat serta mempertebal rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *