Mengatasi Warna Ketiak yang Gelap

ctk169

Ketiak mungkin bagian yang jarang terlihat, tapi akan sangat mempengaruhi penampilan jika Anda mengenakan pakaian tanpa lengan. Problema yang sering dialami wanita pada bagian ketiak adalah adanya rambut dan warna kehitaman pada daerah ketiak. Untuk mengatasi keberadaan rambut bisa dilakukan dengan jalan menggunting, mencukur, waxing, atau mengenakan krim perontok rambut. Tapi untuk mengatasi warna kehitaman pada ketiak bukanlah perkara sepele. Selain berusaha menghilangkannya, Anda juga harus mengetahui apa saja penyebabnya. Simak penuturan kami berikut ini.

Penyebab ketiak menghitam
Warna hitam pada ketiak bisa disebabkan karena adanya iritasi kulit ketiak akibat penggunaan alat cukur yang kurang tepat. Cara mencukur terbaik adalah saat mandi agar kulit dalam kedaan lembab. Selain itu juga sebelum dilakukan pencukuran oleskan terlebih dahulu krim cukur untuk mencegah terjadinya iritasi. Setelah mencukur pun harus dioleskan krim khusus agar pori-pori kulit cepat menutup dan meminimalisir terjadinya iritasi.

Cara paling aman untuk merapikan rambut ketiak agar kulit ketiak tidak iritasi adalah dengan jalan mengguntingnya. Namun cara ini kurang disukai karena tidak menghilangkan rambut, hanya merapikannya. Teknik waxing merupakan cara yang aman untuk menghilangkan rambut ketiak karena hanya dengan cara mencabutnya. Tapi pilihlah krim waxing atau hair removal yang aman dan terbuat dari herbal agar kulit tidak iritasi. Sedangkan penggunaan krim perontok bulu disebut-sebut sebagai salah satu pemicu ketiak menghitam. Pilih krim perontok bulu yang terbuat dari bahan alami agar kulit tidak mengalami iritasi.

Penggunaan deodoran juga disebut-sebut sebagai pemicu utama kulit ketiak menghitam. Sisa deodoran yang menumpuk pada kulit ketiak akan menghalangi proses regenerasi dan pengangkatan sel-sel kulit mati pada ketiak. Akibatnya kulit ketiak pun tampak menghitam dan kurang sedap dipandang. Oleh karenanya, gunakan deodoran seperlunya saja. Sebagai alternatif bisa digunakan bedak khusus untuk mengatasi bau badan atau dengan menyemprotkan body mist. Selain mencegah kulit ketiak menghitam, mengurangi penggunaan deodoran akan mengurangi risiko kanker payudara dan juga mencegah timbulnya noda kekuningan pada pakaian.

Perawatan kulit ketiak yang gelap
Kulit ketiak yang gelap disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati. Maka solusi utamanya adalah dengan mengangkat penumpukan sel kulit mati tersebut. Rajin-rajinlah melakukan scrubbing pada bagian ketiak. Di pasaran pun banyak tersedia scrub khusus ketiak. Rutinlah melakukanya, niscaya warna kulit ketiak akan kembali normal.

Bahan alami yang bisa digunakan antara lain adalah air jeruk lemon atau buah pepaya muda. Salah satu dari kedua bahan tersebut cukup dioleskan secara teratur untuk membantu mencerahkan kulit ketiak. Untuk hasil yang sinergis, bisa juga dilakukan setelah melakukan scrubbing pada ketiak.

Namun satu hal yang perlu diingat, jangan melakukan scrubbing atau menggunakan air lemon dan pepaya setelah mencukur atau waxing. Jika dilakukan, hal ini justru akan memperparah iritasi kulit ketiak dan justru akan makin menggelapkan warnanya.

Tips Cantik Lainnya

Ada 4 komentar untuk artikel “Mengatasi Warna Ketiak yang Gelap

  1. Ekky Sutari on January 25, 2013 at 11:03 am said:

    Cara menghilangkan keloid gimana ? bagi tipstipsnya untuk menghilangkan bekas plester hansaplas yang meninggalkan noda hitam membandel dong !

  2. shafiyah on February 3, 2013 at 2:04 pm said:

    jadi iar lemon / air pepaya mudanya itu digunakan sebelum scubbing?

  3. waaaah perlu di share ne,,makash y…

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation