Mengenal Simbol-Simbol dalam Kemasan Plastik

Perhatikan bagian bawah botol minuman, wadah plastik, dan kotak makan sista. Di situ tertera simbol-simbol tertentu kan? Jika tidak di bagian bawah, cek juga bagian sampingnya. Penting untuk mengetahui makna-makna simbol dalam kemasan plastik yang kita gunakan tersebut. Tujuannya agar kita tepat dalam menggunakan plastik. Jangan sampai kita menggunakan plastik yang tidak aman untuk makanan. Berikut makna simbol-simbol tersebut.

1. Polietilen Tereftalat (PET/PETE)
Sifat plastik ini kuat dan kedap air serta gas. Plastik ini bisa melunak pada suhu 80 derajat Celcius. Plastik berwarna jernih ini biasa digunakan sebagai kemasan minuman, selai, minyak goreng, sambal dan kecap serta pembatas plastik dalam kemasan biskuit. Plastik jenis ini sebaiknya hanya dipakai sekali saja dan tidak boleh dipakai sebagai wadah air hangat/panas. Bila terlalu sering dipakai, dan digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker dalam pemakaian jangka panjang.

2. High Density Polyethylene (HDPE)
Plastik HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan pada suhu tinggi. Plastik jenis ini biasanya dijumpai pada botol susu cair dan jus, plastik belanjaan, galon air minum, dan beberapa jenis wadah makanan. Rekomendasi para ahli untuk plastik jenis ini adalah sekali pakai karena pelepasan senyawa antimoni trioksidanya meningkat seiring waktu.

3. Polivinil klorida (PVC)
PVC biasa dilambangkan dengan kode V. Plastik jenis ini merupakan yang paling sulit didaur ulang. Bahan ini ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap) dan botol. Reaksi yang terjadi antara PVC dan makanan atau minuman yang dikemas dengan plastik ini berbahaya untuk ginjal dan hati karena mengandung DEHA (diethylhydroxylamine).

4. Low Density Polyethylene (LDPE)
Plastik jenis ini sifatnya lentur, kuat, pada suhu 60 derajat sangat resisten terhadap reaksi kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik dan mudah untuk didaur ulang. Bahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

5. Polipropilen (PP)
PP merupakan pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman terutama botol minum untuk bayi. Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, dan stabil terhadap suhu tinggi.

6. Polistiren (PS)
Selain PS, ada pula EPS (Polistiren busa). Jenis PS sering digunakan untuk kemasan makanan beku serta bahan pembuat garpu dan sendok plastik. Sedangkan EPS digunakan untuk wadah makanan siap saji serta gelas minuman berbahan styrofoam. Sebisa mungkin hindari penggunaan bahan ini karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulit didaur ulang.

7. Other (O)
Other adalah jenis plastik selain keenam plastik yang telah disebutkan di atas. Dapat dtemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat rumah tangga, komputer, alat elektronik dan plastik kemasan. Ada 4 jenis plastik yang digolongkan ke dalam plastik jenis ini, antara lain Styrene Acrylonitrile (SAN), Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS), Polycarbonate (PC), dan Nylon.

Plastik jenis ABS dan SAN amat baik untuk digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman karena kedua jenis tersebut kuat dalam mencegah reaksi kimia yang bisa membahayakan kesehatan. Jenis plastik PC amat berbahaya karena mengandung Bisphenol A (BPA) yang dapat merusak sistem kromosom dan hormon, menurunkan kualitas sperma, dan mempengaruhi sistem kekebalan diri.

A. Sendok dan garpu
Lambang ini mengartikan wadah tersebut aman bagi makanan maupun minuman.

B. Gelombang radiasi
Artinya bahwa wadah tersebut dapat digunakan di microwave.

C. Serpihan salju
Tanda ini berarti bahwa wadah tersebut dapat dimasukkan ke freezer.

D. Piring dan garis seperti hujan
Artinya wadah plastik tersebut dapat diletakkan di mesin pencuci piring.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation