Merawat Gigi yang Mengenakan Behel

ctk67

Beberapa orang beranggapan bahwa mengenakan kawat gigi akan membuat repot dan tidak leluasa. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi bukan berarti kita harus menghindari penggunaan kawat gigi demi senyum yang indah lho, sist. Bukankah ada pepatah yang mengatakan beauty is pain? Nikmati saja prosesnya. Sista hanya perlu sedikit lebih memperhatikan perawatan gigi yang mengenakan behel saja koq. Berikut ini cara merawat gigi sista yang telah terpasang behel.

1. Gosoklah gigi lebih rajin, misalnya tiga sampai empat kali dalam sehari. Menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali proses, yang pertama menyikat tanpa menggunakan pasta, setelah itu menyikat gigi dan lidah dengan pasta gigi. Gunakan pasta gigi dengan formula terlengkap yang melindungi dan merawat gigi secara intens. Gunakan sikat gigi khusus pengguna kawat gigi yang bentuknya kecil dan bulu sikatnya halus. Selain itu juga ada sikat gigi tambahan untuk sela sela gigi, karena karang gigi pada orang yang menggunakan behel terbentuk lebih cepat.

2. Selain menggosok gigi, sista juga bisa berkumur dengan air garam hangat untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel. Tambahkan satu sendok makan garam pada air hangat untuk berkumur. Bisa juga berkumur gunakan obat kumur sesudah itu sista bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi.

3. Pastikan untuk memotong makanan dalam ukuran kecil dan kunyah secara perlahan. Hal ini dimaksudkan agar kawat gigi tidak cepat mengalami kerusakan dan tidak melukai bagian mulut sista.

4. Hindari makanan keras! Konsumsilah buah yang lunak, seperti pisang, pepaya, dan semangka. Jika tetap ingin makan sesuatu yang keras, potonglah kecil-kecil.

5. Gunakan gigi belakang saat mengunyah makanan yang agak keras. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan sista menghancurkan makanan. Jangan juga sekali-kali langsung menggigit buah yang keras dengan gigi seri (gigi depan). Hal ini bisa membuat kawat gigi sista terlepas.

6. Jangan memakan permen karet dahulu saat memakai behel. Permen karet bisa menempel pada kawat gigi dan akan sulit terlepas. Jika sista memaksakan diri untuk tetap mengunyahnya, maka malah merepotkan diri sendiri.

7. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula karena bisa menyebabkan berkumpulnya bakteri di sekitar kawat gigi. Bakteri tersebut bisa membuat gigi sista berlubang nantinya.

8. Disarankan untuk banyak-banyak meminum air putih. Tujuannya adalah untuk mencegah timbulnya bakteri dan membuat mulut sista terasa segar. Selain itu, minum air putih juga bisa mengurangi bau mulut.

9. Sista juga disarankan untuk lebih rajin ke dokter gigi saat menggunakan behel. Sebaiknya lakukan pembersihan mulut dan kawat gigi setidaknya satu kali dalam sebulan. Dengan begitu kebersihan gigi dan mulut sista akan terjaga. Percuma juga kan gigi tampak cantik tapi tidak bersih, apalagi bau mulut.

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Merawat Gigi yang Mengenakan Behel

  1. ritus mawar rimbun on December 10, 2012 at 7:20 am said:

    sebelum memasang behel.. apakah jika ada gigi yg berlubang, akan ditambal atau tidak pengaruh?.. terimakasih

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation