Nasi Beras Merah Lebih Menyehatkan

Nasi Beras Merah Lebih Menyehatkan

Nasi memang merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia.  Bahkan orang jawa terbiasa dengan slogan “Belum makan namanya, jika belum makan nasi”.

Masyarakat Indonesia, terutama jawa, pada umumnya terbiasa dengan makanan pokok nasi putih. Nasi putih memang sebagai sumber karbohidrat yang memberi asupan energi.

Sebenarnya, ada altenatif lain yaitu nasi beras merah, yang lebih menyehatkan. Hanya saja, harga beras merah relatif lebih mahal dibandingkan dengan beras putih.

Beras merah adalah jenis beras yang belum mengalami proses penggilingan atau pengelupasan kulit sepenuhnya. Lapisan kulit yang masih menutupi bijirin beras mengandung serat dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Sedangkan beras putih sudah dikuliti hingga hanya tersisa bijirinnya, sehingga tidak memiliki lagi serat, hal itu dapat menyebabkan peningkatan kadar gula.

Maka dari itu, beras merah sudah familiar dijadikan bahan makanan untuk pelangsingan tubuh alias diet dan sebagai konsumsi penderita diabetes melitus.

Berikut ini keunggulan beras merah dibandingkan beras putih:

1. Mengandung Serat Tinggi
Beras merah tanpa dilalui proses penggilingan terlebih dahulu, sehingga mengandung banyak serat.

2. Cepat Kenyang

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks; jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan, mengonsumsi karbohidrat kompleks (kentang, gandum, beras merah) bisa membuat Anda kenyang hingga berjam-jam dan makan kurang dari 320 kalori per hari.

3. Menurunkan Kolesterol
Nasi atau beras merah mengandung minyak yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. GLycemic Index Rendah
Beras memiliki tingkat glycemic index rendah yang berfungsi untuk  mengatur kadar gula darah dan produksi insulin. Selain itu, juga menyediakan energi optimal.

5. Sumber Zat Besi
Beras merah mengandung zat besi, Zat besi membantu menghasilkan energi dari makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, zat besi juga merupakan komponen penting dari enzim dan antioksidan sebagai pelindung tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas yang biasanya terbentuk selama proses produksi energi.

6. Kaya akan Zinc
Mineral ini membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun. Zinc juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan tubuh.

7. Mengandung Vitamin B-6
Vitamin ini membantu menjaga keseimbangan dari pembentukan hormon serotonin – yaitu hormon pengatur mood – sel darah merah dan produksi sel-sel DNA.

8. Mengandung Vitamin B-1
Vitamin ini penting untuk metabolisme karbohidrat dan energi serta memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menahan kondisi stress.

9. Mengandung  antioksidan
Warna merah pada beras merah sebenarnya adalah pigmen-pigmen antioksidan.  Antioksidan ini dapat menangkal oksidasi asam-asam lemak yang memicu radikal bebas dan menyebabkan kanker.

Bagaimana, Anda terpikir untuk beralih ke nasi beras merah sebagai menu makanan pokok Anda? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *