Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan Sendiri di Rumah

o-YOGA-APPS-facebook

Ingin sehat namun malas berolahraga di luar rumah atau malas pergi ke tempat fitness ?

Berikut ini beberapa jenis olahraga ringan yang bisa kamu coba sendiri di rumah, mudah dilakukan, dan tentunya memiliki manfaat besar untuk kesehatan.

1. Senam Aerobik

Tidak harus dengan bantuan instruktur, kamu cukup mendownload tutorial senam aerobik di Youtube lalu tonton dan pelajari dengan baik. Kamu bisa mempraktikkannya sendiri di rumah selama 1 jam, secara rutin minimal sekali dalam seminggu, dan efek positifnya akan segera terlihat. Senam ini memiliki hitungan dan musik yang lebih cepat, sehingga akan lebih baik jika dilakukan dengan power dan semangat yang tinggi. Manfaatnya antara lain untuk melangsingkan tubuh, menurunkan berat badan, dan membentuk tubuh agar terlihat lebih indah.

2. Yoga

Olahraga ringan yang memiliki setidaknya lima manfaat besar untuk tubuh, yaitu meningkatkan fleksibilitas, membentuk postur tubuh, meningkatkan kekuatan, menghasilkan mood dan kemampuan berkonsentrasi yang lebih baik, serta mengurangi stress. Yoga dapat dilakukan sendiri di rumah dengan bantuan sehelai matras. Persiapan lain untuk melakukan yoga diantaranya mencakup tempat yang nyaman dengan sirkulasi udara yang baik serta jauh dari kebisingan. Kamu juga coleh menggunakan musik sebagai latar dengan irama yang lembut dan membuat rileks.

Yoga paling baik dilakukan di pagi hari saat keadaan masih tenang. Melakukan yoga di pagi hari juga merupakan cara yang positif untuk menambah energi sebelum beraktifitas. Yoga cukup dilakukan selama 20 menit saja secara rutin setiap harinya.

Penting halnya untuk mempelajari terlebih dahulu berbagai gerakan yoga dan manfaatnya untuk memastikan agar kamu tidak salah dalam melakukan gerakan dan tidak menimbulkan resiko cidera.

3. Senam Lantai

Senam lantai dapat dilakukan sendiri di rumah dengan bantuan matras. Gunanya adalah untuk membentuk, melangsingkan, dan melenturkan tubuh. Dalam senam lantai ada beberapa jenis posisi, diantaranya guling depan, guling belakang, hand stand, head stand, kayang, lompat jongkok, lompat kangkang, meroda, sikap lilin, loncat harimau, dan masih banyak lagi. Ingatlah untuk melakukannya dengan bertahap dan berhati-hati, karena jika tidak tubuh dapat mengalami cidera seperti terkilir.

4. Lompat Tali

Olahraga yang menyenangkan sekaligus berfungsi untuk melangsingkan dan membentuk tubuh. Lakukan selama 10 menit saja maka kalori di dalam tubuh yang terbakar karenanya akan setara dengan jogging selama 8 menit. Olahraga ini juga berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tulang dan meninggikan badan.

5. Hulahop

Biasanya terbuat dari plastik atau kayu rotan dengan ukuran yang bervariasi. Para pemula biasanya mengalami kesulitan dalam menggunakannya. Oleh karenanya sebelum membeli, sebaiknya pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak mengalami kesulitan saat memainkannya. Pemula sebaiknya menggunakan hulahop berdiameter 1 meter dengan berat 0,5 – 1 kg. Banyak-banyaklah berlatih agar terbiasa.

Olahraga dengan hulahop dapat mengecilkan perut yang buncit dan merampingkan paha yang gemuk. Kalori yang terbakar saat bermain hulahop setara dengan melakukan olahraga jalan santai dengan kecepatan 7 km/jam.

6. Sit Up

Olahraga sederhana yang tidak memerlukan alat dan tempat yang luas. Fungsinya untuk membentuk perut. Lakukan setiap hari sebelum dan sesudah bangun tidur selama kurang lebih 70-100 kali, maka perut yang buncit dapat menjadi ramping dan six pack.

Jangan lupa, olahraga juga harus dibarengi dengan pola hidup dan makan yang teratur agar hasil yang diperoleh dapat lebih maksimal. Selamat berolahraga. đŸ™‚

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan Sendiri di Rumah

  1. sartika on December 11, 2013 at 7:55 am said:

    saya ingin sekali punya tubuh ideal tapi dengan olahraga ringan.kasi tipsnya donk,

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation