Penggunaan & Manfaat Minyak Bergamot

Penggunaan & Manfaat Minyak Bergamot

Manfaat kesehatan dari minyak bergamot dapat dikaitkan dengan sifat-sifatnya sebagai deodoran, vulnerary, vermifuge, antibiotik, antiseptik, antispasmodik, obat penenang, analgesik, antidepresan, disinfektan, obat penurun panas, cicatrisant, dan substansi pencernaan. Bergamot adalah kulit buah jeruk yang kulit digunakan untuk mengekstraksi minyak atsiri. Nama ilmiah dari bergamot adalah Citrus aurantium var. atau Citrus bergamia. Ini adalah tanaman tropis, tetapi tumbuh subur di Eropa juga. Aromanya yang kuat membuat popular untuk pembuatan parfum. Minyak Bergamot memiliki bau yang sangat manis dan dapat dijadikan beraneka macam obat. Berikut adalah manfaat minyak bergamot:

 Antidepresan & Stimulan: Komponen minyak bergamot, seperti Alpha pinene dan limonene sebagai antidepresan dan perangsang alami. Minyak Bergamot dapat menciptakan perasaan kesegaran, senang dan energy dengan meningkatkan sirkulasi darah dan juga dapat merangsang sekresi hormon, sehingga membantu untuk mempertahankan tingkat metabolisme yang tepat. Efek merangsang ini juga dapat meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan insulin, sehingga membantu pencernaan, penyerapan nutrisi, asimilasi dan dekomposisi gula sehingga dapat menurunkan gula darah.

 Antibiotik & Desinfektan: Komponen-komponen dari minyak esensial Bergamot adalah antibiotik dan disinfektan di alam. Mereka menghambat pertumbuhan kuman, virus dan jamur. Mereka juga efektif menghilangkan infeksi, termasuk kulit. Jika digunakan secara teratur dengan untuk air mandi atau sabun pada kulit dan rambut dapat melindungi dari infeksi dan membuatnya bersinar. Minyak bergamot juga dapat menyembuhkan infeksi pada usus, saluran kemih dan ginjal.

 Analgesic : Minyak Bergamot esensial mengurangi rasa sakit di tubuh. Minyak bergamot, merangsang sekresi hormon tertentu yang mengurangi sensitivitas saraf. Oleh karena itu, sangat membantu dalam kasus sakit kepala, keseleo, nyeri otot atau gejala lain atau penyakit yang memerlukan dosis berat pil analgesik. Ini berarti bahwa Anda dapat menghindari efek samping yang berbahaya dari obat nyeri counter, yang sering memiliki efek samping yang merugikan dan dapat melakukan kerusakan hati dan ginjal, atau menyebabkan anda tidak bisa tidur dan berdebar-debar.

 Relaksan & Obat penenang : Flavonoid hadir dalam minyak bergamot sebagai relaksan yang baik. Minyak bergamot menenangkan saraf dan mengurangi ketegangan saraf, kecemasan, dan stres, yang semuanya dapat membantu menyembuhkan atau mengobati penyakit yang berhubungan dengan stres seperti sulit tidur, tekanan darah tinggi, insomnia, dan depresi. Mereka juga dapat merangsang aktivitas hormon tertentu dalam tubuh, yang menyebabkan perasaan relaksasi dan obat penenang, seperti dopamin dan serotonin.

 Sistem Pencernaan: Sebagaimana dibahas di atas, minyak esensial bergamot mengaktifkan dan meningkatkan sekresi asam pencernaan, enzim dan empedu dan memfasilitasi pencernaan. Hal ini juga dapat menyeimbangkan dan mengatur gerak peristaltik usus dan mempercepat proses pencernaan dan mengurangi ketegangan pada saluran usus. Dengan cara ini, minyak esensial bergamot dapat mengurangi sembelit, membuat gerakan usus lebih teratur, dan mencegah komplikasi gastrointestinal seperti kanker kolorektal dan kondisi tidak nyaman atau berbahaya lainnya.

 Cicatrisant : Ini adalah kandungan dalam minyak bergamot sebagai alasan di balik penggunaan yang luas dalam kosmetik dan produk perawatan kulit seperti sabun kecantikan, krim, dan lotion. Cicatrisant berarti properti atau agen yang membantu menghilangkan bekas luka dan tanda lainnya pada kulit. Hal ini juga yang membuat distribusi pigmen melanin sehingga dapat memudarkan bekas luka, meratakan warna kulit. Minyak esensial ini juga digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

 Deodorant: Minyak esensial bergamot adalah deodoran yang sangat baik. Yang memberikan aroma menyegarkan, dan juga sebagai desifektan yang menghambat pertumbuhan kuman yang menyebabkan bau badan. Bau jeruk yang sangat kuat, dan dapat mengatasi, menghilangkan banyak bau pada daerah tertentu, itulah sebabnya mengapa minyak bergamot juga digunakan sebagai bahan pewangi ruangan.

 Obat penurun panas: Sebuah obat penurun panas adalah zat atau agen untuk mengurangi demam dan menurunkan suhu tubuh. Bergamot adalah obat penurun panas yang baik untuk sejumlah alasan. Pertama-tama, sebagai antibiotik, hal itu melawan infeksi yang timbul dari virus, bakteri dan protozoa yang menyebabkan demam, termasuk influenza (virus), malaria (protozoa) dan tifus (bakteri tifus). Kedua, merangsang sistem metabolisme dan sekresi kelenjar, sehingga memberikan perasaan hangat dan menghasilkan sekresi tambahan (keringat atau keringat) dari kelenjar Eccrine (kelenjar keringat) dan sebaceous (sebum) kelenjar, sehingga mengurangi suhu tubuh. Hal ini juga dapat mengurangi toksisitas tubuh melalui keringat, dan membersihkan kelenjar dan pori-pori racun asing yang dapat mengakibatkan berbagai kondisi kulit.

 Vermifuge: Minyak bergamot dapat membunuh cacing, dan itu adalah pilihan yang baik khususnya untuk anak-anak yang terjangkit cacingan. Hal ini juga dapat diterapkan pada gigi yang terinfeksi atau digunakan sebagai obat kumur untuk membunuh kuman mulut dan melindungi gigi dari gigi berlubang. Cacingan dapat menyebabkan kekurangan gizi dan kekurangan serius misalnya anemia yakni kekurangan darah, sehingga menghilangkan cacing, dalam pertumbuhan anak-anak, adalah aplikasi yang sangat penting minyak esensial bergamot.

 Bergamotoil Antispasmodic: Minyak bergamot dapat menenangkan saraf dan otot, sehingga memberikan bantuan cepat untuk kram, kejang, dan kontraksi otot yang menyakitkan. Ini juga dapat digunakan bagi orang-orang dengan batuk kronis atau kondisi pernafasan, serta asma, yang mirip dengan reaksi spasmodik.

 Antiseptik & vulnerary: sama dengan desinfektan dan sifat antibiotik minyak bergamot membuat agen antiseptik dan vulnerary baik. Hal ini tidak hanya mempercepat penyembuhan luka, pecah-pecah pada kulit dan tumit, bisul, eksim, dan gatal-gatal, tetapi juga melindungi luka dari menjadi septik dari tetanus yang mematikan. Ini tidak hanya memperlakukan dan menyembuhkan efek dari infeksi lain, tetapi menghambat pembentukan infeksi baru.

 Manfaat lainnya: minyak esensial bergamot juga dapat digunakan sebagai tonik, dapat juga berguna memperlancar sistem pernapasan, peredaran darah, pencernaan, ekskresi, dan sistem saraf, serta kulit dan otot. Hal ini juga sebagai anticongestive yang menggunakan alat penguap untuk mengurangi sesak dan masalah pernapasan lainnya, terutama selama batuk dan pilek. Ia bekerja sebagai ekspektoran untuk menghilangkan dahak dan lendir di saluran pernapasan dan membantu tubuh untuk mengobati bersin dan batuk produktif, sehingga mengurangi jumlah material dan menghilangkan beberapa kuman dan racun.

 Meskipun penelitian telah dibatasi pada beberapa isu-isu ini, efek pernapasan dan pencernaan minyak esensial bergamot mungkin bahkan lebih luas daripada yang diperkirakan. Penelitian yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa penerapan minyak esensial bergamot dapat menghilangkan pembentukan batu empedu dan melindungi terhadap kolik, halitosis, bronkitis, dan diptheria.

Minyak Bergamot harus dilindungi dari sinar matahari, karena bergaptene salah satu komponennya, menjadi beracun jika terkena sinar matahari. Itulah sebabnya minyak harus selalu disimpan dalam botol gelap di tempat gelap. Paparan sinar matahari bahkan harus dihindari setelah diterapkan atau digosok ke kulit, setidaknya sampai benar-benar menyerap ke dalam kulit Anda.

Gimana Ladies ? Banyak kan manfaat dari minyak Bergamot ? Tuliskan pengalaman menggunakan minyak bergamot di kolom komentar ya Ladies 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *