Penyakit Berbahaya Bernama MELANOMA

Apa itu Melanoma?

Salah satu kanker kulit yang paling sering terjadi adalah melanoma. Masyarakat awam biasa menyebutnya sebagai “tahi lalat hidup”. Melanoma adalah kanker kulit yang berasal dari sel-sel penghasil pigmen (melanosit). Di antara jenis kanker kulit lainnya, melanoma adalah jenis yang paling berbahaya. Kanker jenis ini paling mematikan, terutama bila muncul di area leher dan kulit kepala.

Penyebab pasti melanoma masih belum diketahui, tetapi bisa dikenali faktor resiko yang menyertai. Melanoma disebabkan oleh kontak ke matahari, risiko Genetik faktor juga mempengaruhi terjadinya melanoma. Manusia berkulit putih yang kebanyakan kena melanoma daripada kulit berwarna lainnya. Sedangkan orang yang hidup di iklim yang bercahaya matahari tinggi berisiko lebih tinggi.

Sebagaimana lazimnya kanker, melanoma sangat agresif dan seringkali terlambat didiagnosis. Meskipun penyakit ini biasanya menjangkiti mereka yang berusia di atas 50 tahun, Anda tidak bisa menyepelekannya sebab sudah ada kasus yang terjadi pada usia yang lebih muda.

Faktor risiko terjadinya melanoma adalah riwayat keluarga yang menderita melanoma, berambut merah atau pirang, adanya tahi lalat atipik multipel (tanda lahir), atau terdapat bintik-bintik coklat yang sangat jelas di punggung bagian atas. Faktor resiko lainnya adalah mengalami serangan lepuhan akibat luka bakar sinar matahari sebanyak 3 kali atau lebih sebelum berusia 20 tahun.

Bagaimana Gejala Awal Melanoma?

Melanoma bisa berawal sebagai pertumbuhan kulit baru yang kecil dan berpigmen pada kulit yang normal. Paling sering tumbuh pada kulit yang terpapar sinar matahari, tetapi hampir separuh kasus tumbuh dari tahi lalat yang berpigmen. Terjadinya perubahan di kulit tahi lalat. Baik di ukuran, permukaan yang gatal atau pendarahan, warna atau bentuk tahi lalat. Melanoma dapat muncul dimanapun pada tubuh, namun paling sering ditemukan di punggung, pantat, kaki, kulit kepala, leher, dan di belakang telinga. Melanoma mudah menyebar ke bagian tubuh yang jauh, dan akan terus tumbuh serta menghancurkan jaringan.

Semakin sedikit pertumbuhan melanoma ke dalam kulit, maka semakin besar peluang untuk menyembuhkannya. Jika melanoma telah tumbuh jauh ke dalam kulit, akan lebih mungkin menyebar melalui pembuluh getah bening dan pembuluh darah dan bisa menyebabkan kematian dalam beberapa bulan atau tahun.

Ketahanan tubuh terhadap melanoma bervariasi pada tiap orang, sepertinya dipengaruhi oleh kekuatan pertahanan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penderita yang sistem kekebalan tubuhnya baik, bisa bertahan hidup selama bertahun-tahun meskipun melanoma telah menyebar.

Tanda-tanda bahaya akan terbentuknya melanoma adalah adanya bintik atau tahi lalat berpigmen (terutama yang berwarna hitam atau biru tua) yang semakin membesar. Perubahan warna pada tahi lalat, terutama pigmentasi merah, putih dan biru di kulit sekelilingnya. Perubahan pada kulit diatas bintik yang berpigmen, misalnya perubahan konsistensi atau bentuk peradangan pada kulit di sekitar tahi lalat. Jika Anda memiliki riwayat keluarga terkena penyakit ini, maka risiko Anda semakin besar.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Pengobatan melanoma tergantung kapada tahapan penyakit tersebut terjadi. Cara paling efektif adalah dengan mengangkat jaringan yang terjangkit, tetapi hal ini hanya dapat dilakukan pada malanoma tahap awal. Jika belum menyebar, maka melanoma bisa diangkat melalui pembedahan, dan angka kesembuhannya mencapai hampir 100%. Akan tetapi seseorang yang pernah menderita melanoma memiliki risiko terjangkit kembali oleh penyakit ini. Karena itu, disarankan utnuk melakukan pemeriksaan secara teratur.

Pada kasus melanoma yang suda menyebar, penanganannya adalah kemoterapi. Akan tetapi angka kesembuhannya sangat rendah dan seringkali berakibat fatal.

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Beberapa hal sederhana bisa Anda lakukan untuk mencegah melanoma menjangkiti Anda. Lindungi kulit Anda dari sinar matahari dengan cara menggunakan tabir surya setiap hari (minimal dengan SPF 15). Kalau bisa, gunakan pakaian yang melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Hindari terkena sinar matahari pada tengah hari, antara jam 10 hingga jam 2 siang.

Waspada dengan keadaan kulit Anda, Ladies. Jika Anda menemukan keanehan pada kulit, segera periksakan agar bisa mendapatkan pertolongan lebih awal.

Semoga bermanfaat… 😉

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation