Penyebab Kegagalan Menurunkan Berat Badan

Penyebab Kegagalan Menurunkan Berat Badan

Tubuh ramping dan berat badan ideal adalah dambaan tiap wanita. Ada kalangan wanita yang ingin sekali menurunkan berat badan telah melakukan diet, olahraga, tapi tidak kunjung berhasil. Bahkan merasa frustasi atas persoalan ini, hingga tak memedulikan diet lagi.

Mari kita simak penyebab-penyebab yang memungkinkan menjadi menyebabkan kegagalan Anda menurunkan berat badan:

1. Kurang tidur.
Kurang tidur tidak hanya berpengaruh pada kemampuan dan daya tahan tubuh, namun juga memperlambat proses metabolisme serta menambah nafsu makan Anda. Selain itu, kurang tidur dapat meningkatkan kadar stress, yang dapat justru memicu kenaikan berat badan. Stress biasanya membuat Anda doyan makan.

2. Makan berlebihan setelah berolahraga.
Setelah berolahraga, kalori Anda memang telah terbakar. Namun jika setelah olahraga Anda langsung makan berlebihan, olahraga Anda akan sia-sia. Makanlah secukupnya dan dengan menu yang bergizi.

3. Tidak bisa mengatur porsi makan.
Makan 3 kali atau lebih dalam sehari dengan porsi sedikit lebih baik daripada Anda makan 2 kali sehari dengan porsi banyak. Untuk mensiasati kenyang meski makan dengan porsi sedikit, maka sebelum makan minumlah terlebih dahulu, baru makan. Lalu jangan lupa makan buah sebagai makanan penutupnya.

4. Menghindari sarapan.
Sarapan itu penting bagi metabolisme tubuh untuk kita beraktivitas seharian.  Tidak makan pagi justru menurunkan kerja metabolisme tubuh, mengakibatkan Anda lesu dan konsentrasi mudah pecah. Lalu makan siang Anda bisa-bisa jadi berlebihan.

5. Kurang makan nasi tapi suka ngemil.
Kebiasaan kurang makan nasi tapi ngemil makanan camilan justru Anda mengonsumsi makanan yang tidak bergizi dan berat badan malah tidak turun-turun. Makan dengan nasi yang secukupnya disertai sayur dan lauk-pauk berprotein itulah makanan yang baik.

6. Berat badan Anda tidak mencerminkan lemak tubuh Anda yang sesungguhnya.
Banyak orang yang berpikir bahwa berat badan mereka merupakan cara untuk mengukur seberapa banyak lemak Anda. Angka pada timbangan memberitahu berat badan Anda, namun angka tersebut tidaklah menunjukkan seberapa banyak lemak, otot atau cairan tubuh Anda, sehingga hal itu bukanlah gambaran yang akurat untuk melihat kemajuan penurunan berat badan. Untuk indikasi yang lebih akurat dari kadar lemak Anda, cobalah untuk menelusuri perubahan ukuran dan seberapa pas pakaian Anda, atau cobalah untuk memeriksakan kadar lemak tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *