Perawatan Alami Untuk Mengatasi Rambut Rusak

ctk147

Setelah menggunakan produk kimia atau melakukan tindakan-tindakan “perubahan” pada rambut, jika kita tidak telaten merawatnya maka rambut akan menjadi rusak. Kerusakan pada rambut umumnya tidak dapat dikembalikan normal begitu saja, cara paling mudah adalah dengan mengguntingnya lalu menunggu sampai rambut baru tumbuh kembali.

Namun, jika setelah dilakukan pemotongan rambut tidak dirawat kembali, maka rambut yang tumbuh pun tidak akan sehat dan terawat. Lakukan perawatan alami berikut ini untuk melembabkan, menutrisi, dan menyehatkan rambut. Bahan-bahan dan caranya mudah koq. Check this out!

Bahan dasar
Bahan dasar yang bisa digunakan antara lain shea butter, santan dan yogurt. Shea butter membantu menyehatkan rambut yang rusak oleh senyawa kimia atau pemanasan berlebih. Selain itu shea butter juga membantu melembabkan dan melembutkan rambut. Santan kelapa dapat digunakan sebagai kondisioner alami jika dikombinasikan dengan yogurt tawar, minyak kelapa, dan sedikit air jeruk lemon atau air jeruk nipis. Bisa juga digunakan alpukat atau pisang yang dihaluskan dan minyak kelapa sebagai bahan dasar untuk melembabkan dan melembutkan rambut.

Minyak
Minyak alami seperti minyak kelapa, alpukat, almond, zaitun dan jojoba membantu mencegah kekeringan dan menjaga kelembaban rambut. Minyak alami lain yang dapat digunakan adalah grape seed, minyak kelapa, dan minyak biji wortel. Minyak-minyak ini juga dapat membantu pertumbuhan rambut.

Perawatan
Setelah Anda memilih bahan apa yang akan digunakan pada rambut, campur bahan tersebut lalu letakkan dalam wadah dan panaskan dalam microwave selama dua menit pada kekuatan 80 persen. Gunakan wadah yang tahan microwave ya. Jika tidak memiliki microwave, bisa dengan cara memanaskannya dengan metode tim.

Selanjutnya, aduk rata campuran tersebut menggunakan mixer sampai konsistensinya berbentuk krim. Aplikasikan krim alami tersebut pada rambut, bungkus dengan handuk hangat, lalu diamkan selama sekitar 30 menit sebelum dibilas.

Untuk menghindari kerusakan rambut, jangan mengikat rambut terlalu kuat, keramas dengan air dingin, jangan menggosok rambut terlalu keras, dan hindari senyawa kimia dan panas berlebih pada rambut.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation