Perawatan Kulit Pada Malam Hari

Perawatan Kulit Pada Malam Hari

Seharian beraktivitas, pulang malam, merasa lelah dan kemudian langsung tertidur tanpa membersihkan wajah? Jangan lakukan hal tersebut jika anda tidak ingin kulit menjadi bermasalah. Selama beraktivitas di siang hari, debu dan kotoran banyak yang melekat pada kulit kita. Jika kulit tidak dibersihkan ketika akan beristirahat di malam hari, maka bisa menimbulkan beragam masalah kulit di kemudian hari.

Perawatan kulit di malam hari sangat penting untuk dilakukan karena pada malam hari sel-sel kulit membangun sel baru serta kolagen yang rusak. Berikut ini macam-macam perawatan kulit yang bisa dilakukan di malam hari

Wajah yang bersih
Bersihkan wajah dari sisa make up dengan susu pembersih dan toner atau sabun pembersih muka yang lembut. Pastikan sisa make-up, keringat, debu, dan kotoran yang menempel di wajah telah hilang dan wajah terasa segar setelah dibersihkan.

Pemberian pelembab
Pemberian pelembab pada kulit menjadi bagian penting dalam perawatan kulit di malam hari karena regenerasi kulit terjadi dua kali lebih cepat ketika manusia sedang tidur. Oleskan krim malam pada wajah sebelum tidur. Pemberian krim malam sangat efektif karena pada malam hari kulit akan beristirahat dan terhindar dari paparan sinar matahari, debu dan polusi. Body lotion juga diperlukan tubuh agar kulit senantiasa ternutrisi, lembab serta tetap halus. Jika diperlukan bisa mencampurkan sedikit olive oli ke dalam body lotion yang sedang kita pakai agar kulit lebih lembab. Olive oil juga bisa dioleskan di seputar kelopak mata untuk emelembabkan kulit sekitar mata. Oleskan juga lipbalm atau madu pada bibir agar kelembaban bibir tetap terjaga.

Minum air putih
Air putih sangat penting peranannya dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Tercukupinya kebutuhan air dalam tubuh bisa membuat kulit terlihat lebih segar, sehat dan kenyal.

Tidur yang cukup
Apalah arti segala macam jenis perawatan kulit tersebut tanpa diimbangi dengan istirahat yang cukup. Hindari begadang dan rileks-lah ketika akan tidur agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Relaksasi dapat diperoleh dari aromaterapi yang dinyalakan sebelum tidur atau melakukan gerakan relaksasi sebelum tidur agar otot-otot tubuh lebih lemas dan pikiran lebih tenang.

Jaga kebersihan
Menjaga kebersihan tempat tidur sangat penting dalam perawatan kulit di malam hari. Pastikan seprei, selimut dan sarung bantal rutin diganti dan dibersihkan. Sarung bantal yang jarang diganti dan kotor akan menjadi tempat bagi kuman dan bakteri berkembang biak. Padahal sepanjang malam kita tidur beralaskan bantal dan gesekan kulit wajah ketika tidur dengan sarung bantal yang kotor bisa menimbulkan jerawat. Gunakan juga sarung bantal dari bahan satin yang lembut agar tidak menimbulkan kerutan pada kulit wajah.

3 thoughts on “Perawatan Kulit Pada Malam Hari”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *