Zat Berbahaya Dalam Shampoo yang Anda Gunakan

Hati – hati menggunakan produk perawatan rambut! Baik produk perawatan atau penataan rambut seperti shampoo, kondisioner, serum, maupun hairspray, anda harus teliti beberapa kandungan yang terdapat pada komposisi produk perawatan rambut tersebut. Karena jika dibiarkan, maka akan menimbulkan efek negatif yang dapat merusak rambut anda. Jadi, sebelum anda memutuskan untuk membeli beberapa macam produk perawatan rambut, anda harus perhatikan labelnya terlebih dahulu. Berikut zat – zat yang berbahaya yang terkandung dalam produk perawatan atau penataan rambut yang harus anda hindari, yaitu :

1. Isoprophyl Alcohol
Isoprophyl alcohol merupakan zat kimia yang sering digunakan sebagai pelarut pada beberapa produk pewarna rambut dan lotion. Zat ini sangat berbahaya baik pada sistem pernafasan ketika di hisap selain itu menimbulkan reaksi iritasi pada kulit. Hati – hati dengan zat kimia ini, karena zat ini bersifat karsinogenik. Jika sering kontak dengan kulit akan menimbulkan bahaya seperti kanker. Selain itu jika dihirup terlalu lama menimbulkan rasa mual dan pusing.

2. Propylene Glycol
Biasanya zat ini terkandung dalam produk perawatan rambut seperti kondisioner dan shampo. Propylene glycol juga bisa berbahaya karena mudah meresap pada kulita dan mengikis protein kulit. Sedangkan berbagai macam glycol sangat berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang, dapat menyebabkan kulit kering dan kendur, hingga masalah reproduksi, cacat lahir, kerusakan ginjal dan kelainan pada liver.

3. Polyethylene Glycol
Polyethylene glycol biasa digunakan sebagai salah satu bahan baku dalam produk pembersih rambut. Polyethylene glycol merupakan senyawa polimer yang berbasis petroleum. Jika terlalu sering atau banyak digunakan akan mempercepat terjadinya penuaan dini.

4. Sodium Lauryl Sulphate (SLS) dan Sodium Laureth Sulphate (SLES)
Kedua zat ini merupakan zat yang sangat berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang, biasanya digunakan dalam produk perawatan rambut seperti kondisioner. Bahkan produk yang mengandung zat ini berpotensi untuk memicu terjadinya kerontokkan pada rambut. Penggunaan bahan ini juga dapat memicu penyakit katarak pada mata ketika menyerap dalam kulit kepala, meski tidak terjadi kontak langsung pada mata.

5. FDC Colour Pigments
FDC colour pigments ini merupakan salah satu bahan pewarna sintetik atau buatan yang sering digunakan pada produk kondisioner atau shampo. Akan tetapi, penggunaan pewarna sintetik ini sangat berbahaya apalagi bagi kulit sensiif akan menimbulkan perih, iritasi, gatal – gatal, serta kemerahan. Bahkan zat ini merupakan salah satu jenis zat karsinogenik yang dapat menimbulkan atau memicu penyakit kanker.

6 Formaldehyde
Formaldehyde merupakan salah satu zat yang digunakan sebagai bahan baku kimia pada shampo dan kondisioner dengan sifatnya yang mudah terserap kulit. Zat ini berbahaya bagi kulit sensitif karena dapat mengakibatkan sakit kepala dan reaksi alergi, selain itu juga dapat berpotensi untuk melemahkan daya tahan tubuh.

Be a smart ya, ladies! Sebelum kita membeli suatu produk kecantikan atau perawatan rambut. Anda harus jeli dan teliti untuk melihat label atau komposisi apa saja yang terdapat pada produk tersebut. Cari yang aman lebih baik, daripada terkena dampak negatifnya dalam jangka panjang. Jadilah konsumen yang pintar!

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation