Pilihan Karir Bagi Ibu Rumah Tangga

Merasa jenuh dalam kegiatan sehari-hari mengurus rumah tangga? Atau jika sista sebelum menikah pernah bekerja dan apakah sekarang setelah menikah juga ingin bekerja? Ingin bekerja tapi tidak mungkin meninggalkan urusan rumah? Simak beberapa pilihan karir bagi ibu rumah tangga yang bisa sista pertimbangkan. Dengan karir-karir di bawah ini, sista tetap bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik sekaligus membantu menambah pemasukan keluarga.

1. Bisnis online
Jenis pekerjaan yang satu ini merupakan yang paling banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga. Alasannya karena lebih fleksible terutama dari segi waktu. Sista bisa menjual barang buatan sista sendiri lalu mengunggah gambarnya. Selain menggunakan situs berbayar, bisa juga menggunakan blog atau situs jejaring sosial untuk memamerkan dan mempromosikan barang-barang jualan sista. Jika sista tidak punya cukup waktu memproduksi suatu barang untuk dijual, sista bisa mencari supplier untuk sista jualkan barangnya. Namun jika sista bahkan tidak punya cukup waktu untuk mengambil barang pada supplier dan mengirimkannya via jasa pengiriman, pilihlah jenis bisnis online dropship. Sistem dropship dilakukan dengan menerima pesanan pembeli kemudian kita menghubungi supplier agar barang dikirimkan ke alamat pembeli tersebut. Sista hanya perlu duduk manis di depan komputer untuk melakukannya.

2. Multi Level Marketing (MLM)
Eits, jangan anti dulu mendengar kata MLM. Memang banyak sekali MLM yang menyesatkan, tapi banyak juga lho yang menjanjikan. Pinter-pinter sista aja memilih MLM. Bisnis yang satu ini memang mengutamakan kemampuan merekrut downline dan menjual produk. Perekrutan downline dan penjualan produk selain dilakukan secara langsung, bisa juga secara online. Meningkatkan penjualan produk bisa juga dengan sista gunakan sendiri. Pilihlah bisnis MLM yang produknya bisa sista gunakan seperti kosmetik, obat, atau barang-barang fashion.

3. Kerajinan tangan atau makanan
Sista bisa mengaktualisasikan diri dengan bakat sista. Jika sista pandai menjahit, terampil merajut atau menyulam, gemar melukis, atau pintar memasak, maka ini adalah pilihan yang tepat. Hasil pekerjaan tangan di atas bisa sista jual secara online maupun secara langsung saat arisan atau pengajian. Jika sista tidak bisa melakukannya setiap hari, maka cukup dengan cara menerima pesanan, sehingga waktu pengerjaannya dapat lebih sista atur.

4. Membuka toko
Bagian depan rumah atau garasi sista memiliki ruangan yang dapat dimanfaatkan? Buka saja toko. Bisa dengan menjual makanan, barang-barang fashion, aksesoris, ataupun kebutuhan sehari-hari. Sista bisa menjual barang-barang buatan sista sendiri atau memperolehnya dari supplier.

5. Menulis
Pekerjaan yang satu ini juga sangat fleksibel. Sista bisa menyalurkan bakat terpendam juga. Novel, cerpen, cerita anak, atau artikel bisa sista tulis untuk memperoleh pemasukan. Bahkan nge-blog yang dianggap orang tulisan yang tidak menghasilkan, kini juga bisa dimanfaatkan untuk memperoleh uang lho. Coba deh buat tulisan-tulisan yang menarik, jika pengunjung blog sista banyak dan terus meningkat, pemasang iklan akan tertarik memasang iklan pada blog sista. Dari situlah sista akan mendapatkan pemasukan.

So, be creative, be a good woman!

1 thought on “Pilihan Karir Bagi Ibu Rumah Tangga”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *