Plus Minus Sinar Ultra Violet Bagi Kulit!

 

Ladies, tahukah anda sinar UV itu tidak hanya berasal dari paparan sinar matahari? akan tetapi juga bisa disebabkan oleh arus listrik dan juga lampu-lampu khusus tertentu seperti lampu merkuri dan lampu hitam. Meskipun sinar Ultra Violet tidak nampak akan tetapi sinar UV tersebut memiliki dampak yang cukup banyak bagi kulit kita. Adapun, efek dari sinar UV bisa berdampak positif maupun negatif. Ingin tahu apa saja dampak sinar UV bagi kulit tubuh? Berikut ini antara lain :

1. Sinar UV Membantu Produksi Vitamin D

Meskipun kita sering mengenali efek negatif dari sinar UV, akan tetapi sinar UV tersebut juga memiliki dampak positif bagi tubuh lho! Salah satunya yaitu membantu produksi vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, vitamin D memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan penyerapan kalsium oleh sel – sel tubuh sehingga dapat memperkuat tulang – tulang dalam tubuh. Selain itu, produksi Vitamin D yang berasal dari sinar matahari dapat membantu untuk mencegah penyakit rakhtis. Hal ini juga sudah terbukti dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, dimana Vitamin D memiliki fungsi untuk menurunkan beberapa resiko penyakit kanker seperti kanker usus besar.

 

2. Sinar UV Dapat Mengobati Psoriasis

Dampak positif dari sinar UV selanjutnya adalah untuk mengobati psoriasis. Apa sih psoriasis itu? Yap, psoriasis merupakan salah satu penyakit autoimun yang timbul disekitar area kulit dan biasanya tumbuh ketika badan dalam keadaan kurang fit dimana tumbuhnya hanya sewaktu – waktu saja. Nah, bagaimana sinar UV berperan? Sinar UV berperan untuk memperlambat terjadinya gejala Psoriasis ketika tubuh terkena sinar matahari.

 

3. Efek Peradangan Kulit

Selain dampak positif, sinar UV juga memiliki dampak negatif yaitu menyebabkan permasalahan peradangan kulit atau dikenal sebagai sunburn yang diakibatkan oleh pancaran sinar matahari secara langsung.

 

4. Proses Penuaan Kulit

Dampak negatif dari paparan sinar UV selanjutnya adalah proses penuaan kulit. Dimana jika tubuh secara kontinu terkena paparan sinar matahari secara langsung maka radiasi sinar UV tersebut mengakibatkan kulit menjadi keriput, kendur bahkan menimbulkan bintik – bintik hitam pada wajah maupun tubuh.

 

5. Kanker Kulit

Dampak sinar UV yang paling parah dan fatal jika kita terus – terusan terkena radiasinya, maka akan mengakibatkan terjadinya kanker kulit termasuk juga karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa dan resiko melanoma.

 

Oke, ladies meskipun sinar UV memiliki dampak positif dan negatif. Ada baiknya kita mencegahnya dengan menggunakan tabir surya, agar kulit terlindung dari efek buruk sinar UV.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation