Pria Juga Butuh Perawatan Tubuh Lho, Ini Tipsnya

Wanita selalu ingin tampil cantik dan menawan, namun tenryata di jaman yang serba modern ini, tidak hanya wanita saja yang harus memperhatikan penampilannya. Pria pun juga harus memperhatikan penampilannya. Apalagi pria bekerja dan terpapar oleh debu dan sebagainya. Kulit dan wajahnya tentu membutuhkan perawatan yang ekstra dan berbeda dari wanita.

Perawatan pria sebenarnya tidak begitu merepotkan, karena layaknya perawatan wanita, pria bisa membuat bahan untuk perawatan tubuh sendiri di rumah. Ini juga digunakan jika pria merasa malu untuk mengunjungi salon maupun klinik kecantikan.

Pengelupasan Wajah dan Pelembab

Melakukan pengelupasan wajah dapat membantu mengelupaskan sel kulit mati. Untuk membuatnya, anda hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit saja untuk membuatnya. Bahan yang dibutuhkan antara lain :

  • 2 sendok makan oatmeal
  • Garam laut ¼ sendok teh
  • Air 1 sendok teh
  • ½ sendok teh madu

Campurkan semua bahan tersebut dan aduk rata sampai berbentuk pasta. Jika pasta yang dihasilkan terlalu tebal, tambahkan sedikit air hingga menjadi konsistensi yang anda sukai. Gunakan ujung jari anda untuk menggosok lembut wajah dengan gerakan melingkar. Bilas dengan air hangat  dan keringkan.

Adapun pelembab, ada resep khusus. Anda dapat menggunakan mentimun untuk menenangkan kulit. Anda bisa menambahkan air jeruk maupun aroma rempah-rempah untuk krim anda.

Selain melakukan perawatan kulit, pria juga harus melakukan perawatan wajah ditambah perawatan setelah bercukur.

  • 1 cangkir bedak cair
  • 1 sendok gliserin sayur
  • 6 tetes minyak jeruk
  • 3 tetes minyak esensial cendana

Haluskan semua bahan bersama-sama lalu tuangkan ke dalam botol semprot. Semprotkan ke wajah anda setelah bercukur. Selain itu anda dapat menuangkannya pada jari tangan untuk dioleskan sedikit pada wajah.

Jika anda memiliki beberapa luka bakar atau luka bekas pisau cukur, gunakan teh hitam celup. Seduh teh hitam dalam air hangat selama beberapa menit, lalu aduk dengan satu atau dua sendok air kelapa. Gunakan bola kapas untuk mengambil keduanya, lalu oleskan pada kulit. Cara ini mampu meringankan kemerahan dan meredakan sensitivitas kulit.

Krim Bercukur

  • Minyak kelapa 1/8 cangkir
  • ½ cangkir shea butter
  • 2-4 tetes minyak esensial untuk memberikan aroma
  • Campurkan semua bahan ini dalam food processor atau blender, dan simpan dalam lemari es.

Cobalah menyingkirkan kulit kusam dengan melakukan pengelupasan seluruh tubuh sekali seminggu atau lebih. Ada banyak body scrub yang dapat anda buat, namun ada satu body scrub sederhana yang dpat anda buat. Bahannya antara lain :

  • ½ cangkir garam laut kasar
  • ½ cangkir gula merah
  • ½ cangkir minyak zaitun atau minyak kelapa
  • Beberapa minyak esensial

Campurlah semua bahan dan gosok seluruh kulit dengan lembut. Pijat dengan gerakan memutar, dan bilas dengan baik.

Selain membuat perawatan diatas, pria sebaiknya juga melakukan beberapa perawatan dibawah ini, yaitu :

    1. Perawatan kaki

Kebanyakan pria biasanya tidak mau repot dnegan perawatan kaki mereka seperti wanita. Salah satu keluhan yang sering terjadi pada kaum pria adalah tumit yang retak karena kekeringan, udara, maupun gesekan dengan sepatu. Tetapi itu smeua dapat diperbaiki dengan menggunakan beberapa produk yang sederhana.

    1. Merendam

Carilah baskom kecil atau kuali yang sesuai dnegan ukuran kaki anda. Isi dengan setengah air hangat dan setengah cangkir garam. Rendam kaki selama 15-20 menit dalam campuran air tersebut. Jika kaki anda bau, tambahkan beberapa sendok makan baking soda.

Selesai berendam, saatnya melakukan pengelupasan kulit dnegan mempersiapkan ramuan untuk pengelupasan kulit, yaitu :

      • 2 sdm gula merah
      • 1 sdt jus lemon
      • 1 sdm madu (anda dapat menggantinya dengan gliserin sayuran jika anda vegan)
      • 1 sdm minyak zaitun

Kulit pada kaki anda akan  menjadi lembut setelah direndam. Dan membuat proses penggosokan menjadi lebih mudah.
Campur bahan yang tercantum diatas menjadi pasta, dan gosoklah disekitar tumit dan jari kaki. Berikan pijatan lembut dnegan gerakan melingkar. Setelah selesai, bilaslah menggunakan air hangat dan tepuk kering.

Jika tumit benar-benar kering dan pecah-pecah, mungkin anda bisa menggunakan batu apung dan menggunakan scrub ini seminggu sekali setelah anda melakukan perendaman kaki.

    1. Scrub Tubuh Dan Pelembab

Ada beberapa masalah kulit yang sering menimpa, namun semua itu bisa diatasi

Melembabkan

Resep pelembab ini sebenanrya berguna sebagai pelembab tangan, namun juga cocok untuk kaki yang kering. Tapi sebaiknya tambahkan minyak peppermint, aroma buah, atau bunga.

Untuk orang-orang yang menderita bau kaki, mereka bisa menambahkan eucalyptus dan peppermint pada krim kaki mereka, karena mereka membantu untuk melawan bakteri yang menyebabkan bau pada kaki. Gunakan krim sebelum tidur, dan tutup dengan kaus kaki. Dengan begitu, anda akan siap untuk menghadapi hari keesokan harinya.

Scrub Wajah

Penggunaan scrub wajah dapat berfungsi untuk membersihkan pori-pori dan membersihkan wajah dari kotoran lainnya, yang jika dibiarkan akan memberi efek pada kulit anda.

Scrub wajah tidak hanya membantu membersihkan kulit secara mendalam, namun juga membantu membuat kulit menjadi lebih sehat karena membantu membersihkan kulit yang pembersih lain tidak mampu membersihkan.

Apakah Scrub Wajah Terbaik Untuk Pria?

Seperti hal nya perawatan kulit yang lain, ada beberapa eksperimen yang harus anda lakukan sebelum menemukan scrub wajah terbaik untuk kulit kita. Sebaiknya sesuaikan scrub dengan jenis kulit anda.

Tergantung pada jenis kulit anda. Banyak pria bisa cocok menggunakan eksfoliator selama 2-3 kali seminggu. Tapi, seperti produk perawatan kulit lainnya, dengarkanlah kulit anda. Jika kulit anda tidak bereaksi, pertimbangkanlah untuk mencoba merk lain.

Dalam menggunakan scrub, sebaiknya gunakan saat wajah masih basah, lalu oleskan scrub dan pijat produk pada wajah. Jangan lupakan area dagu, hidung, pipi, dan dahi

Baca Juga : Cara Berdandan Sederhana Untuk Pria

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation