Sambut Cantikmu Dengan Melon

melon

Melon bukan hanya sekedar buah untuk menyegarkan tenggorokan, tetapi juga menghilangkan dahaga. Buah ini memang banyak mengandung air. Terlebih lagi jika DImakan pada saat kondisi dingin akan lebih nikmat. Buah melon mudah didapatkan, baik di pasar tradisional maupun pasar swalayan/supermarket.  Buah ini memang menjadi salah satu buah favorit keluarga, sama halnya dengan buah semangka, banyak mengandung zat-zat yang sangat bermanfaat untuk perawatan kulit.

Berikut ini khasiat buah melon untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui:

Vitamin C (asam askorbat) per 100 gram melon sekitar 34 mg. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Oksidan adalah zat berbahaya yang dapat menyerang sel-sel tubuh.

Kolagen merupakan senyawa protein yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit serta elastisitas kulit.

Melon merah dan oranye memiliki kandungan senyawa karotenoid yang bisa menangkal radikal bebas dan juga karotenoid bisa diubah menjadi vitamin A. Vitamin A sendiri berguna untuk mempertahankan jaringan ari pada kulit agar tetap sehat, sehingga kulit akan tetap lembut dan lembab. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan kulit Anda agar tidak kasar dan kering, konsumsilah melon tiap-hari.

Kadar karetonoid dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan risiko kanker. Karotenoid, vitamin E dan C ternyata juga ikut berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker paru-paru.

Kegunaan melon berdasarkan jenisnya:

1. Melon Orange

Warna orange pada melon ini berkhasiat penyembuhan luka dari dalam. Betakaroten yang terkandung di dalamnya memberikan asupan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata, bahkan dapat mengurangi resiko katarak sampai 50%. Selain itu, melon orange memiliki kandungan antioksidan, serta dapat memberikan asupan air sehingga kulit akan tetap lembab.

2. Melon (Muskmelon)

Muskmelon disebut juga honeydew melon, merupakan sumber mineral tembaga, berfungsi untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Selain itu muskmelon diperkaya dengan vitamin C yang dapat meningkatkan jumlah kolagen di dalam kulit yang  dapat membantu menunda penuaan dini dan mengatasi kerutan di wajah.

3. Semangka (water melon)

Watermelon banyak mengandung akan lycopene. Zat ini bermanfaat sebagai anti-aging. Kita tahu watermelon banyak mengandung air, sehingga akan memenuhi kulit akan kebutuhan air . Glutathione pada watermelon mendetoks liver agar tetap sehat dan mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Tahukah Anda bahwa buah ini memiliki julukan buah viagra, karena dapat meningkatkan gairah seksual pria.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation