Scrub Alami Untuk Kulit Cantik

Scrub Alami Untuk Kulit Cantik

scrub alami

Mempunyai kulit kusam adalah bagian yang tidak menyenangkan bagi para wanita. Kulit yang kusam membuat kita tampak lebih tua, tidak segar, lelah dan tidak menarik untuk dilihat. Kulit yang kusam juga seringkali menjadi pertanda kulit yang tidak sehat dan bertumpuknya sel kulit mati di atas kulit tersebut. Kulit yang kusam dapat diatasi dengan menggosokkan scrub pada kulit agar sel kulit mati yang bertumpuk dapat terangkat sehingga kulit tampak segar dan bersih.

Scrub juga dapat dibuat dari bahan-bahan alami lho. Selain lebih murah, scrub dari bahan alami juga relatif lebih aman jika digunakan sesuai dengan kondisi kulit. Perhatikan juga kondisi kulit, kulit yang sedang berjerawat, luka atau meradang sebaiknya tidak digosok dengan scrub karena akan memperparah kondisi kulit tersebut.

Berikut ini berbagai macam bahan alami yang dapat digunakan sebagai scrub untuk kulit:

Kopi
Kopi dipercaya sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengurangi selulit di kulit karena kandungan kafeinnya yang menghancurkan lemak di kulit. Campurkan kopi dengan air hangat, diamkan selama beberapa saat dan oleskan pada wajah atau tubuh sambil dipijat-pijat ringan. Setelah itu bilas hingga bersih

Gula pasir, stroberi dan minyak zaitun
Perpaduan ketiga bahan di atas dapat digunakan sebagai scrub untuk wajah, tubuh bahkan bibir. Hancurkan dua buah stroberi, tambahkan sesendok gula dan sesendok minyak zaitun dan oleskan ke wajah atau bibir sambil digosok-gosok. Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.

Garam dan Lemon
Campuran lemon dan garam dapat digunakan sebagai scrub untuk kulit berminyak. Campurkan perasaan jeruk lemon dengan garam kemudian oleskan pada kulit sambil dipijat-pijat. Diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air.

Oatmeal dan Yogurt
Campurkan oatmeal dengan yogurt, aduk rata dan aplikasikan pada kulit. Diamkan selama beberapa saat kemudian gosok-gosokkan hingga scrub berjatuhan. Bilas dengan air hingga bersih.

Beras Ketan
Beras ketan juga dapat digunakan sebagai scrub alami terutama beras ketan hitam. Hancurkan beras ketan hingga menjadi butiran kecil. Gunakan sebagai campuran peeling wajah atau lulur badan.

Wortel dan Apel
Jika anda suka membuat jus apel dan wortel, jangan buang ampasnya. Ampas wortel dan apel juga dapat digunakan sebagai scrub alami yang lembut. Oleskan ampas wortel dan apel ke wajah, tunggu hingga 5-10 menit kemudian gosok wajah secara lembut hingga ampas berjatuhan

Kulit Jeruk
Selain air perasan jeruk, kulit jeruk juga dapat dimanfaatkan sevagai scrub alami untuk kulit tubuh. Kupas jeruk hingga mendapatkan kulitnya yang lebar, gosokkan bagian dalam kulit jeruk tersebut ke kulit tubuh ketika mandi, kemudian bilas dengan air dingin. Scrub kulit jeruk ini berkhasiat untuk mencerahkan kulit.

Nah, mudah sekali bukan membuat scrub dari aneka bahan alami? Yang penting kita rutin melakukannya agar hasilnya maksimal dan terlihat nyata di kulit. Jangan lupa selalu oleskan pelembab setelah melakukan scrubbing pada kulit. Selamat mencoba dan selamat menjadi cantik 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *