Manfaat Bengkoang bagi Kecantikan

Manfaat Bengkoang bagi Kecantikan

Kita tahu bahwa buah bengkoang sudah populer menjadi bahan produk kecantikan wanita, seperti lulur, body lotion, dan pembersih wajah. Memang buah yang satu ini memiliki cukup banyak manfaat, tak sebanding dengan harganya yang murah. 🙂 Buah ini juga enak dan segar dimakan. Cukup manis dan kaya air saat dikunyah.

Berikut ini diantara manfaat bengkoang bagi kecantikan:

  • Memutihkan. Bengkoang mengandung  zat pachyrhizon, vitamin B1 dan vitamin C yang bermanfaat memutihkan  dan mencerahkan kulit. Syaratnya tentu dengan penggunaan bengkoang secara rutin minimal seminggu sekali.
  • Menyegarkan. Bengkoang memberikan efek segar di kulit. Apalagi jika Anda menggunakannya di siang hari, usai terpapar sinar matahari. Tapi lebih baiknya, Anda memberi waktu sekitar 30 menit sebelum diberi kompresan potongan bengkoang, agar kulit Anda yang baru terpapar hawa panas outdoor menetralkan diri.
  • Menghilangkan Noda Hitam.
    Masker bengkoang yang dipakai secara rutin dapat menghilangkan noda hitam pada wajah akibat jerawat sebab kandungan pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan vitamin C-nya.
  • Mendinginkan dan Membuat Rileks.
    Masker bengkoang dikenal juga sebagai bedak dingin yang dipakai oleh putri-putri Keraton. Bedak dingin ini akan membuat wajah lebih segar dan menghilangkan ketegangan. Wajah menjadi lebih rileks.

Cara mudah membuat Masker Bengkoang.
1. Kupas kulit bengkoang ukuran sedang. Cuci bersih.
2. Parut bengkoang lalu peras airnya. Tampung air bengkoang dalam gelas bening,  lalu buang ampasnya.
3. Diamkan air bengkoang tersebut selama kurang lebih 30 menit, baru setelah itu akan ada endapan warna putih di dasar gelas.
4. Buang air endapan yang berwarna bening di bagian atas, biarkan endapan warna putih susu di bagian bawah, karena itulah yang akan dipakai.
5. Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Setelah itu, dengan bantuan kuas masker, oleskan endapan bengkoang tersebut pada wajah dan leher hingga rata.
7. Akan ada sensasi dingin dan segar, diamkan hingga masker mengering.
8. Bilas masker yang sudah kering dengan air dingin. Keringkan wajah.

Hunting bengkoang right now! 🙂 Dan sambutlah kulit cerahmu!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *