Seputar Keriput : Antara Katanya dan Faktanya

Seputar Keriput : Antara Katanya dan Faktanya

Munculnya garis halus pada wajah di usia muda seringkali membuat seorang wanita menjadi panik. Lho kok garis halus bisa muncul pada wanita usia muda? Bukankah biasanya keriput baru akan muncul di usia tua?

Jangan salah lho, biasanya kita seringkali terjebak pada informasi yang hanya berdasarkan “katanya”, padahal faktanya tidak demikian. Untuk itu, mari kita kenali beberapa mitos dan fakta seputar keriput pada kulit.

1. Katanya, keriput baru akan muncul di usia tua
Faktanya, tidak sepenuhnya benar. Oleh karena itu ada istilah yang disebut penuaan dini, dimana kondisi kulit lebih tua daripada usia yang seharusnya. Biasanya gejala penuaan baru muncul di usia 25-an tahun yang ditandai dengan menurunnya elastisitas kulit dan kolagen. Untuk mencegah munculnya keriput lebih dini, lakukan perawatan kulit dan gaya hidup sehat sejak wala untuk memperlambat tanda-tanda penuaan kulit.

2. Katanya, senam muka dan tertawa mencegah kulit keriput
Faktanya, tertawa memang dapat meningkatkan kekebalan kulit dan membuat awet muda. Namun ekspresi tertawa yang berlebihan dapat membuat otot bergerak berlebihan sehingga dapat membentuk lekukan pada kulit yang tipis seperti di sekitar dahi atau mata.

3. Katanya, tidur tengkurap dapat menyebabkan keriput
Faktanya, Posisi tidur tengkurap atau miring memang dapat membuat keriput karena resiko gesekan dan gravitasi lebih besar daripada ketika tidur telentang.

4. Katanya, keriput merupakan turunan dari orangtua
Faktanya keriput memang dapat disebabkan oleh faktor genetis. Lihat kembali kondisi orangtua dan kakek nenek anda, jika mereka mempunyai kerutan di sekitar mata, maka kemungkinan anda juga berpotensi seperti itu.

5. Katanya, orang yang bekerja di luar ruangan lebih cepat mengalami keriput daripada orang yang bekerja di dalam ruangan.
Faktanya, kedua-duanya mempunyai potensi untuk mengalami keriput sama besarnya. Orang yang bekerja di luar ruangan beresiko karena terpapar matahari sementara orang yang bekerja di dalam ruangan juga beresiko karena AC dapat menghilangkan kelembaban pada kulit sehingga kulit menjadi kering dan mengalami keriput.

6. Katanya, keriput lebih banyak dialami orang yang sedang diet dan kurus
Faktanya, diet yang salah memang dapat menurunkan asupan nutrisi pada kulit sehingga kulit kehilangan kelembabannya dan menjadi kering. Kulit yang kering berpotensi lebih besar menjadi keriput.

7. Katanya, terlalu sering memicingkan mata dapat membuat kerutan tercipta
Faktanya, memang benar. Jika anda mengalami kesulitan penglihatan dan harus memicingkan mata untuk melihat, maka kerutan dapat tercipta karena otot-otot di seputar mata bekerja lebih keras.

8. Katanya, kerutan dipengaruhi oleh kadar kelembaban kulit, bukan kadar hormon
Faktanya, kerutan dapat dipengaruhi oleh hormon dalam tubuh kita. Hormon yang dapat mempengaruhi terjadinya kerutan adalah hormon estrogen dan hormon kortisol yang biasa dihasilkan saat stres.

Sumber: Femina.co.id

One Comment

  1. Thanks banget atas info na min , smga brmamfaat .v lw kriput trlanjur muncl gmana ntue ? N apa obat na ? 😀 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *