Si Merah Imut yang Kaya Manfaat

Si Merah Imut yang Kaya Manfaat

Ladies, pasti Anda sudah kenal dengan buah yang satu ini: stroberi. Stroberi merupakan salah satu buah yang paling banyak digunakan sebagai variasi warna dan rasa dalam makanan, misalnya es krim, permen, susu, yogurt, kue, dan lain sebagainya. Selain rasanya yang enak dan segar, ternyata stroberi menyimpan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memakannya, lho. ­čÖé Berikut ini beberapa khasiat buah imut merah tersebut:

–┬áMeningkatkan Imunitas

Buah stroberi mengandung banyak vitamin C yang terkenal sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.

–┬áMelancarkan Pencernaan

Kandungan serat larut dalam stroberi akan membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar sehingga dapat mencegah konstipasi dan iritasi pada anus.

– Mencegah Hipertensi

Zat kalium dan magnesium yang terkandung dalam buah stroberi telah terbukti sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh sodium.

–┬áMencegah Kanker

Selain mengandung banyak vitamin C yang mengkal radikal bebas, stroberi juga mengandung zat fitokimia yang disebut asam elagik yang memiliki sifat antikanker.

–┬áMengurangi Radang

Kandungan antioksidan berupa flavonoid pada stroberi akan membenatu mengurangi radang pada persendian yang dapat menyebabkan arttritis.

– Menguatkan Tulang

Stroberi mengandung mangan, yaitu mineral yang membantu pembentukan tulang dan mempertahankan struktur tulang. Stroberi juga mengandung kalium, vitamin K dan magnesium yang merupakan zat-zat yang diperlukan untuk kesehatan tulang.

–┬áMenyehatkan Otak, Mata dan Jantung

Stroberi mengandung yodium yang akan menabantu fungsi otak dan sistem saraf, serta mengandung folat yang merupakan nutrisi bagi otak. Berbagai antioksidan juga berperan dalam mencegah kerusakansel otak yang dapat menyebabkan demensia (penurunan fungsi otak). Antioksidan berupa vitamin C, flavonoid, fitokimia fenolik, dan asam elagik yang terkandung dalam stroberi juga sangat bermanfaat utnuk menjaga kesehatan mata, terutama yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain vitamin dan mineral itu, stroberi mengandung vitamin B yang akan memperkuat otot jantung.

– Menyehatkan Kulit dan Rambut

Folat yang terkandung dalam stroberi adalah jenis vitamin B yang akan menyehatkan rambut dan kulit. Selain dikonsumsi, stroberi bisa juga dijadikan masker untuk merawat kecantikan kulit dan rambut.

Untuk masker rambut, haluskan beberapa butir stroberi, dan campurkan dengan 1 sdm mayones. Usapkan di kepala Anda, kemudian pijat-pijat lembut. Tutup dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat. Biarkan selama setengah jam, kemudian bilas.

Untuk masker wajah, campurkan stroberi yang telah dihaluskan dengan yogurt tawar. Oleskan merata di wajah Anda. Tunggu hingga 20 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih, kemudian bilas lagi dengan air dingin. Masker ini akan meyegarkan wajah Anda sekaligus membantu mengatasi jerawat.

Silakan dicoba ya, Sobat! ­čÖé

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *