Sisi Positif Bermain Game

Banyak sekali anggapan bahwa bermain game merupakan aktivitas yang negatif. Pasalnya, ngegame seringkali membuat seseorang lupa waktu dan akhirnya menghabiskan waktu produktifnya di depan layar untuk bermain game. Gamers juga seringkali dianggap kekanak-kanakan dan anti sosial.

Tapi seperti yang pernah kami katakan sebelumnya bahwa segala sesuatu memiliki sisi positif dan negatif. Dalam hidup, ada baiknya kita melihat sisi positif dibalik sisi negatif. Maka simaklah sisi positif dari bermain game berikut ini.

1. Melatih otak
Bermain game dapat meningkatkan ketangkasan yang sangat berguna untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sebenarnya banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata, tetapi hal itu tentu kurang menarik bila dibandingkan dengan bermain game.

Selain itu, game yang kompleks dapat meningkatkan keterampilan kognitif seperti memecahkan masalah dan membuat keputusan. Game telah berkembang ke titik di mana penggunanya harus mengambil kendali dan berpikir sendiri. Bahkan banyak permainan yang mendorong kita untuk menjadi sabar dan kreatif dalam memecahkan sebuah teka-teki sebelum mereka dapat maju ke tahap berikutnya.

2. Melatih fisik
Pernah mencoba game dance, permainan alat musik, atau bahkan olahraga? Game jenis inilah yang mampu “memaksa” sista untuk bergerak. Mungkin anjuran olahraga sudah terdengar membosankan, tapi jika disodori dalam bentuk game, siapapun pasti akan bergerak dengan riang.

3. Keterampilan sosial
Keuntungan ini dimiliki oleh game online yang membuat pemainnya harus bersosialisasi dengan pemain lain. Kurangnya keterampilan sosial dan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain secara teratur dapat menyebabkan depresi. Sista yang merasa pemalu atau kurang percaya diri ketika bersosialisasi dengan teman mungkin akan lebih mudah membuka diri saat bermain game online. Dengan bermain game online, sista dapat belajar berinteraksi dengan banyak orang, bahkan orang yang tidak mereka kenal. Sista juga akan belajar bekerjasama saat bermain game. Beberapa game online maupun offline membutuhkan sebuah kerjasama tim untuk mencapai kemenangan.

4. Melatih sportifitas
Sportifitas dan fair play merupakan nilai-nilai yang dikembangkan dalam olahraga dan organisasi. Game secara tidak langsung menawarkan nilai-nilai ini, terutama saat bersaing satu sama lain dan menerima kekalahan.

5. Mengurangi stres
Bermain game dapat menjadi pengurang tingkat stres karena selain membuat sista sejenak melupakan masalah di kehidupan nyata, main game akan memberikan rasa bahagia. Apalagi jika sista memenangkan sebuah permainan tertentu, perasaan bahagia akan membuat sista merasa lebih optimis dan bahkan memicu pikiran positif dalam diri sista.

Namun penting untuk diperhatikan agar membatasi waktu bermain game, karena ada kemungkinan bahwa alat ini membuat sista menjadi kecanduan. Sista tetap perlu ingat waktu dan tetap berinteraksi dengan lingkungan nyata. Bermain game hanyalah merupakan aktivitas tambahan yang perlu sista lakukan ketika lelah menghadapi persoalan di dunia nyata.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation