Sudah Benarkah Cara Memasak Kita?

Hayo, siapa yang tidak bisa memasak dan ogah masuk ke dapur untuk meracik aneka bahan makanan dan menjadikannya semakin enak dikonsumsi? Memasak selalu identik dengan salah satu kewajiban wanita meskipun pada masa sekarang ini tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua bisa memasak. Ada yang beralasan tidak bisa memasak karena kesibukan, lebih praktis membeli di luar atau karena alasan malas :-).

Sebenarnya memasak merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di rumah apalagi jika memang mempunyai kegemaran untuk memasak. Meskipun demikian, yuk kita cek beberapa informasi yang terkait dengan cara memasak:

Mengukus
Mengukus sayuran atau makanan lebih baik daripada merebusnya. Mengukus dapat mempertahankan zat gizi yang ada pada makanan sementara merebus dapat menghilangkan vitamin C dan beberapa sifat vitamin B yang dapat larut dalam air.

Memotong sayuran
Potonglah bahan makanan yang akan digunakan ketika bahan tersebut akan segera dimasak atau dikonsumsi. Jarak antara memotong sayuran dengan waktu memasak dapat menyebabkan potongan sayuran terkena panas, cahaya atau teroksidasi yang dapat mengurangi kandungan gizinya.

Menggoreng
Cara memasak dengan digoreng tentu akan menambah kalori makanan, namun menggoreng dapat menahan kandungan vitamin C dan B yang larut dalam air.

Memanggang
Memanggang diklaim sebagai cara masak yang lebih sehat daripada menggoreng. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa memanggang bahan makanan terlalu lama hinga menimbulkan warna kehitaman dapat menghasilkan zat karsinogen atau pencetus kanker.

Memanaskan kembali
Memanaskan kembali makanan dapat merusak lebih banyak zat gizi yang ada pada makanan. Kandungan vitamin B dan C dapat berkurang jika makanan dibiarkan hangat atau panas terlalu lama.

Beberapa tips lain dalam mengolah bahan makanan:
-Hindari merendam sayuran mentah terlalu lama di dalam air karena dapat menghilangkan vitamin yang larut dalam air
-Hindari memotong sayuran terlalu kecil karena lebih berpotensial terpapar udara, panas atau cahaya yang dapat merusak kandungan gizi
-Hindari konsumsi buah yang terlalu matang karena akan meningkatkan kadar glikemik secara drastis
-Hindari memanaskan makanan yang sudah dibiarkan semalaman
-Lebih baik gunakan sedikit minyak untuk menumis sayuran. Bila perlu gunakan minyak zaitun untuk menumis makanan
-Jika ingin konsumsi makanan mentah, pastikan bahan makanan sudah dicuci dengan bersih. Buah dan sayuran dapat bersihkan dengan cara merendamnya selama 5 menit ke dalam air matang yang diberi perasaan jeruk nipis atau air hangat yang diberi taburan garam
-Pastikan alat-alat masak yang digunakan bersih dan tidak dikotori oleh karat atau kerak.
-Aneka jenis daging dapat diolah dengan cara dikukus, direbus, digoreng atau dipanggang, tetapi selalu pastikan bahwa olahan daging anda telah matang sempurna agar aman dikonsumsi.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation