Sunblock Alami Dari Makanan

buah-dan-sayur-warna-orange

Paparan sinar UV memang tidak baik untuk kulit kita. Oleh karena itu seringkali krim sunblock dioleskan pada kulit untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Tidak cukup hanya mengoleskan sunblock untuk melindugi kulit, asupan makanan tertentu juga dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Ada beberapa makanan yang memiliki komponen seeprti tabir surya dan jika dikonsumsi secara rutin mampu memberikan manfat untuk melindungi kulit kita.

Berikut ini jenis-jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk membantu melindungi kulit dari efek sinar UV seeprti yang dilansir Dailymail:

1. Tomat
Tomat mengandung zat lycopene yang bermanfaat sebagai antioksidan. Selain memberi warna merah pada tomat, lycopene juga membuat kulit lebih tahan terhadap sinar matahari. Berdasarkan penelitian di Inggris, orang dewasa yang mengasup 5 sendok teh puree tomat setiap hari, membuat perlindungan kulitnya meningkat 33 % yang setara dengan kandungan 1,3 SPF dalam lotion.

2. Sayur dan Buah berwarna oranye
Buah dan sayur yang berwarna oranya kaya akan betakaroten yang bermanfaat untuk melindungi kulit. Konsumsi buah dan sayur berwarna oranya seperti wortel, ubi manis, mangga dan jeruk selama 10 minggu berturut-turut dapat memberikan perlindungan kulit agar tidak terbakar sinar matahari.

3. Makanan kaya vitamin C dan E
Konsumsi vitamin C dapat membuat kulit bebas dari kerutan sementara vitamin E berkhasiat untuk mengurangi kerusakan kulit dari paparan sinar matahari. Makanan yang kaya akan vitamin C misalnya kiwi, jeruk, aneka berry dan paprika. Sementara makanan yang kaya akan vitamin E adalah minyak zaitun dan biji bunga matahari

4. Lemak sehat
Makanan seperti alpukat, minyak zaitun, kacang dan aneka biji-bijian dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu lemak tak jenuh dapat membantu penyerapan betakaroten dan lycopene.

5. Kacang Brasil
Kacang Brasil mengandung banyak selenium yang jika dikonsumsi sebelum kulit terpapar sinar matahari dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan. Konsumsi 200 gr kacang Brasil atau sekitar 10 buah kacang setiap hari untuk mendapatkan manfaat dari kacang tersebut. Sumber selenium lain bisa didapat dari ikan dan telur.

6. Sayuran Hijau
Tidak hanya kaya serat, sayuran hijau juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang terdapat pada bagian mata. Fungsi kedua zat tersebut adalah membantu memfilter paparan cahaya matahari.

7. Teh Hijau
Teh hijau mengandung senyawa catechin yang merupakan antioksidan untuk meningkatkan daya tahan kulit. Penelitian di Jerman menunjukkan bahwa wanita yang minum teh hijau selama 12 minggu menunjukkan 25 % penurunan kerusakan kulit.

8. Dark chocolate
Konsumsi 20 gr coklat yang mengandung 50-70 % cocoa setiap hari selama 12 minggu dapat melipatgandakan perlindungan kulit terhadap sinar UVB dibandingkan dengan responden yang tidak mengkonsumsi coklat.Coklat mengandung antioksidan berupa flavonols yang bermanfaat untuk perlindungan kulit.

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Sunblock Alami Dari Makanan

  1. desy martina on September 12, 2013 at 6:53 am said:

    q sneng bnget sama sobat cantik informasinya sllu brmanfaat bgi sya n smua orang….thank sobat cantik…..ttp lah memberi warna untuk” hari” para wanita dngan informasi nya yah…. 🙂

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation