Telapak Tangan Kapalan? Ini Dia Tipsnya

Apakah Anda mengalami keluhan telapak tangan kasar atau ada bagian pada kulit telapak tangan Anda yang menebal? Telapak tangan kapalan bisa mempengaruhi kepercayadirian dalam bersosialisasi, misalnya saat berjabat tangan.

Kapalan ini disebabkan gesekan terus menerus antara telapak tangan dengan sebuah benda. Contohnya, menyetir motor, menyapu, berkebun. Maka sebaiknya Anda mengoleskan lotion pada telapak tangan Anda, lalu pergunakanlah sarung tangan untuk mengatasi gesekan.

Nah, Ladies, jika telapak tangan sedang mengalami keluhan kapalan, ada tips alami untuk mengatasinya, tanpa perlu biaya banyak ke salon, berikut ini bahan-bahan alami yang bisa dijadikan pilihan:

1. Lemon.
Ladies, perasan jeruk lemon bukan hanya segar untuk dikonsumsi langsung (sebagai jus lemon), namun juga bisa kita gunakan untuk mengatasi rasa nyeri yang biasanya muncul pada kapalan.

Caranya sangat sederhana dan cepat, yaitu:

  • bersihkan bagian yang mengalami kapalan terlebih dahulu
  • oleskan area yang kapalan dengan perasan jeruk lemon
  • diamkan selama satu malam

2. Pepaya mentah.

Pepaya yang banyak mengandung nutrisi baik untuk kesehatan tubuh, juga dapat bermanfaat untuk mengatasi kapalan pada telapak tangan.

Caranya:

  • haluskan beberapa potong pepaya mentah menggunakan blender
  • tempelkan pepaya halus tersebut pada area yang kapalan
  • lakukan tiga kali sehari

3. Bawang putih.
Bawang putih tak hanya berguna untuk bumbu penyedap masakan, tapi juga bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Campuran vitamin E yang berbentuk minyak dengan bawang putih bisa sangat efektif untuk mengatasi kapalan.

Caranya:

  • Haluskan bawang putih kemudian campur dengan minyak vitamin E
  • Tempelkan dengan menggunakan kapas dan diamkan selama satu malam

4. Kentang.
Caranya:

  • Parutlah kentang
  • Tempelkan di bagian yang kapalan dan tutup dengan kain kassa
  • Diamkan selama 2-3 jam

Selain bahan-bahan alami di atas, ada beberapa cara lain untuk mengatasi kapalan pada telapak tangan:

1. Cucilah bagian kulit yang kapalan, lalu gunakan sabun dan air untuk membuang kotoran di daerah sekitar kapalan. Kotoran ini dapat mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan kapalan memburuk dari waktu ke waktu (akibat peningkatan gesekan).

2. Tambahkan 2-3 sendok makan baking soda pada air hangat, lalu basahi pada bagian yang kapalan.

3. Keringkan kapalan tersebut, sebisa mungkin jangan biarkan melembab. Gunakan handuk untuk menghapus sisa air. Lalu taburkan sedikit tepung jagung di daerah tersebut.

5. Cari sepotong kain dan rendam dengan cairan cuka. Lalu sebelum Anda pergi tidur, balut potongan kain ke daerah kulit yang kapalan. Ketika Anda bangun, baru lepaskan potongan kain tersebut.

6. Gunakan batu apung sehabis mandi untuk menggosok dan menghilangkan kulit mati yang tersisa. Gosokkan perlahan, jangan terlalu keras, karena dapat membuat kulit telapak tangan malah terluka.

Selamat mencoba ya… 🙂

2 thoughts on “Telapak Tangan Kapalan? Ini Dia Tipsnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *