Tips Makan Enak Tanpa Rasa Bersalah

makan enak tanpa rasa bersalah

Kalau anda sedang diet, tentu anda sangat memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Tidak semua makanan bisa anda konsumsi. Sayangnya, kadangkala ada momen-momen dimana makanan enak menjadi sangat menggiurkan dan anda tak kuat menahan godaan untuk ikut menyantapnya. Wah, bisa kacau dong program dietnya hanya karena anda mencuri momen untuk menyantap makanan enak tersebut. Belum lagi jika anda tak bisa berhenti menyantapnya karena tiba-tiba saja merasakan kebebasan untuk makan apapun pada suapan pertamanya. Duh, kacau ya.

Sst..jangan khawatir, hal semacam itu dapat disiasati lho, terlebih jika anda benar-benar ingin makan makanan tersebut tanpa banyak merasa bersalah telah melanggar program diet. Beberapa hal dapat disiasati dengan penggunaan alat makan, dan beberapa hal lagi harus disiasati dengan mengkombinasikan bahan makanan yang akan anda santap.

Yuk cek tips-tips makan enak tanpa rasa bersalah di bawah ini:

1. Konsumsi sayuran yang berwarna hijau tua
Jika anda sedang membuat salad, pilihlah sayuran yang warna hijaunya lebih tua karena mempunyai banyak gizi dan vitamin. Jadi tidak melulu harus menggunakan selada yang biasa dipakai untuk membuat salad.

2. Pakailah piring ukuran kecil
David Grotto, RDN, penulis buku The Best Things You Can Eat, mengemukakan bahwa makan di atas piring yang berukuran kecil akan membuat anda merasa sudah makan dalam jumlah banyak. Piring ukuran kecil membuat permukaannya cepat penuh jika diisi dengan makanan sehingga mengesankan makanan yang kita ambil sudah banyak dan cukup.

3. Gunakan jamur dalam telur dadar
Jika anda suka mencampurkan irisan sosis ke dalam adonan telur dadar, tidak ada salahnya kini anda menggantinya dengan potongan jamur. Jamur tidak kalah enak dengan sosis, lebih sehat daripada sosis dan lebih cepat mengenyangkan perut jika dicampurkan ke dalam telur dadar.

4. Gunakan gelas yang tinggi
Menurut penelitian, anda akan cenderung minum lebih sedikit ketika anda menggunakan gelas tinggi daripada gelas pendek. Gelas yang tinggi memberikan efek volume minuman yang banyak daripada gelas yang melebar.

5. Jangan terlalu sering gunakan garpu
Menggunakan garpu ketika sedang makan membuat anda makan lebih cepat. Letakkan garpu anda dan kecepatan makan anda akan melambat sehingga tubuh mengeluarkan hormon leptin yang akan memberitahu otak bahwa anda sudah cukup makan.

6. Jangan takut pada lemak
Jangan takut terhadap lemak. Tidak semua lemak itu jahat lho. Lemak tak jenuh justru membuat anda lebih kenyang. Konsumsilah lemak tak jenuh seperti alpukat atau kacang-kacangan agar anda merasa kenyang lebih cepat daripada mengkonsumsi lemak jenuh yang berasal dari produk olahan susu atau daging steak.

Nah mudah bukan menyiasatinya? Yang penting kuatkan komitmen untuk melakukan diet. Akan lebih baik lagi jika diet yang anda lakukan semata-mata karena ingin hidup sehat dan tidak sekedar agar jadi cantik :-). Selamat mencoba!

Sumber: Female.kompas.com dari Shine

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation