Tips Memulihkan Tubuh Pasca Melahirkan

Tips Memulihkan Tubuh Pasca Melahirkan

Pasca melahirkan adalah saat dimana anda memasuki kehidupan selanjutnya yang membutuhkan stamina prima setelah hamil dan berjuang dalam proses melahirkan. Tubuh anda pun bisa mengalami hal-hal yang tidak nyaman dan membuat anda harus beradaptasi, terutama memulihkan fisik selepas melahirkan.

Berikut ini tips untul memulihkan tubuh pasca melahirkan:

1. Hindari membawa beban berat
Sebaiknya anda tidak mengangkat atau membawa beban berat karena fisik anda belum pulih sepenuhnya, apalagi jika anda melahirkan dengan cara operasi caesar. Nyeri bekas operasi masih terasa dan beristirahatlah sambil konsumsi makanan yang bergizi agar cepat pulih.

2. Menjalani nifas dengan tenang dan nyaman
Untuk memulihkan kondisi tubuh selama masa nifas, lakukan olahraga ringan, jaga pola makan dan istirahat yang cukup. Meskipun olahraga diperbolehkan, jangan berolahraga berlebihan dan hindari konsumsi obat yang dapat mempengaruhi ASI dan bayi. Anda membutuhkan makanan yang bergizi karena anda sedang menyusui.

3. Istirahat cukup
Istirahat adalah bagian yang sangat penting dalam proses memulihkan tubuh pasca melahirkan. Meskipun anda kini sibuk mengurus bayi, tapi tetap perhatikan istirahat anda. Kelelahan hanya akan membuat anda semakin tidak fit dan mudah sakit.

4. Jangan panik jika keringat berlebih
Karena anda sedang menyusui maka oksitoksin akan membuat otot rahim berkontraksi agar mengecil dan membuat jantung memompa kuat seperti saat anda sedang berolahraga.

5. Jangan abaikan perubahan mood
Perubahan mood memang dapat terjadi pasca melahirkan karena kondisi fisik anda yang lelah, juga mungkin karena trauma psikologis hingga dapat menyebabkan sindrome baby blues. Jika perubahan emosi dan mood tersebut mulai mengganggu anda, conalah untuk relaksasi dan berkonsultasi dengan psikolog.

6. Merawat bekas luka jahitan
Luka bekas jahitan harus dirawat dan dijaga kebersihannya dengan baik agar tidak menimbulkan infeksi pada luka tersebut.

7. Jangan terlalu cemas dengan kram perut
Anda dapat saja mengalami kram perut akibat pengaruh hormon kehamilan yang membuat jaringan tubuh mengalami pembengkakan. Jangan terlalu cemas dengan kram perut, namun jika dirasa sangat sakit dan mengganggu segera kunjungi dokter anda.

8. Cobalah untuk nyaman dengan bekas luka anda
Bekas luka yang terasa kencang dan gatal adalah hal yang biasa karena sedang berada dalam proses penyembuhan. Yang penting rawat luka dengan baik dan selalu jaga kebersihannya agar tidak muncul infeksi yang bisa memperparah rasa sakit pada bagian bekas luka.

9. Cukup air minum
Penuhi kebutuhan cairan anda selama menyusui agar tidak dehidrasi dan sembelit pasca melahirkan.

10. Tahan dulu untuk urusan “itu”
Tubuh anda butuh waktu untuk pulih sehingga anda benar-benar siap untuk melakukan kegiatan seksual dengan suami. Beri pengertian kepada suami anda agar anda benar-benar pulih dan siap untuk urusan “itu”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *