Tips Mencegah dan Mengobati Asam Lambung dengan Cara Alami

Penyakit asam lambung mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur dan bisa menyebabkan perih dan mual. Hal ini terjadi karena lambung memproduksi asam, untuk mencerna makanan dalam keadaan jadwal yang teratur. Bahkan, saat tidur pun lambung tetap saja memproduksi asam walaupun tidak ada makanan yang harus dihancurkan.

Apa Itu Asam Lambung?

Asam lambung sangat dibutuhkan untuk membantu pencernaan. Tanpa asam lambung, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dicerna dengan baik, sehingga zat-zat gizi tidak bisa diserap secara baik oleh tubuh. Didalam tubuh sangat diperlukan jumlah asam lambung yang seimbang. Karena jika berlebihan akan menimbulkan penyakit. Produksi asam lambung bertambah pada saat tubuh membutuhkannya, yaitu saat makan. Sebaliknya, pada saat tubuh tidak membutuhkan, produksi asam lambung akan menurun kembali. Karena itu, jadwal makan yang tidak teratur sering membuat lambung sulit beradaptasi. Bila hal ini berlangsung secara terus-menerus, akan terjadi kelebihan asam dan akan mengiritasi dinding mukosa lambung dan akan menyebabkan rasa perih,dan mual pun muncul. Banyak orang menganggap remeh penyakit asam lambung. Padahal, jika asam lambung ini naik ke tenggorokan atau kerongkongan akan mengakibatkan kerusakan saluran tenggorokan yang pada giliran akan mengakibatkan kanker.

Apa Ciri-ciri Asam Lambung?

Ciri-ciri asam lambung adalah rasa panas di dada, rasa tidak nyaman saat menelan, dan rasa sakit saat menelan. Gejala tambahannya meliputi serangan asam, batuk, suara serak, mual dan muntah, nyeri dada, dan sendawa.

Bagaimana cara Mengobati Asam Lambung?

Lidah buaya atau Aloevera yang biasa dipakai untuk saat keramas menguatkan rambut ternyata bisa digunakan untuk mengatasi maag. Tanaman ini adalah salah satu tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk mengobati asam lambung yang Anda derita, Anda bisa mencoba dulu ramuan tradisional yang dibuat dari lidah buaya. Tentu Anda dapat dengan mudah menemukannya. Lidah buaya mengandung aloin, aloinemodin, resin, tanin dan polisakarida yang sangat baik untuk mengobati asam lambung. Zat aktif lain diidentifikasi sebagai Aloctin A dan Aloctin B.

Kandungan yang berkhasiat lain adalah aloin dan antrakinon yang dapat meningkatkan produksi prostaglandin. Selain itu, lidah buaya mempunyai khasiat antiinflamasi. Gel lidah buaya mengandung bradykinase, yaitu suatu enzim pemecah sumber inflamasi, bradykinin.

Cara Membuat:

Kupas daun lidah buaya, buang kulit yang berwarna hijau, kemudian cuci bersih daging daun lidah buaya yang berwarna putih 3-4 kali hingga lendir yang melekat berkurang. Lalu rebus daging lidah buaya tersebut sampai mendidih. Sajikan lidah buaya seperti nana de coco, bisa juga dibuat jus. Untuk menghilangkan rasa pahit dapat digunakan madu sebagai pemanis.

Bagaimana Cara Mencegah Asam Lambung?

Agar Anda tidak terus mengalami asam lambung, ada baiknya jika Anda mengikuti saran-saran berikut ini:

Tidur Menyamping

Tidur menyamping ke sisi kiri atau kanan bisa menekan rasa sakit akibat naiknya asam lambung. Sebaliknya, tidur tengkurap malah memperburuk asam lambung.

Makan dalam Potongan Kecil

Makan dalam potongan-potongan besar dapat memperparah kondisi lambung Anda. Cobalah untuk makan dalam potongan kecil untuk mengurangi nyeri karena asam lambung.

Mengunyah Permen Karet

Permen karet dapat membantu meringankan sakit maag dengan meningkatkan produksi air liur. Sifat alkali dalam air liur membantu menetralkan asam di lambung.

Minum Minuman Herbal

Minuman herbal, seperti kunyit, dapat membantu menciptakan lapisan di sepanjang esofagus, yang pada dasarnya dapat melindungi dari kenaikan asam di lambung.

Mengenakan Pakaian Longgar

Pakaian ketat bisa menyebabkan naiknya asam di lambung. Maka, sebaiknya hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Pilih pakaian longgar yang lebih nyaman untuk dipakai.

Berdiri Tegap

Memperbaiki postur tubuh agar tetap tegap. Kebiasaan buruk, seperti berbaring setelah makan, membuat asam lambung naik. Maka, berdirilah yang tegap untuk membantu mendorong makanan lari ke perut.

Makanan yang Harus Dihindari

Hindari makanan pedas atau kecut untuk mencegah naiknya asam lambung. Selain itu, Anda sebaiknya tida memakan nasi yang terlalu keras, ketan jagung dan ubi talas. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung santan dan minyak, serta yang mengandung serat dan zat gas seperti sawi, kol, nangka, nanas, durian, dan kedondong.

Semoga asam lambung Anda bisa segera pulih, ya. 🙂

Tips Cantik Lainnya

Ada 2 komentar untuk artikel “Tips Mencegah dan Mengobati Asam Lambung dengan Cara Alami

  1. Mirawati on April 19, 2013 at 2:05 pm said:

    Terimakasih atas informasinya,,mudah2an dgn tips2 yg anda berikan dapat menolong kmi semua,,amien

  2. Terima kasih atas tulisannya,semoga bermanfaat bwt banyak orang,….
    آمين يا ربّ العالمي

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation