Tips Mengatasi Kesulitan Tidur Di malam Hari Bagi Ibu Hamil

Tips Mengatasi Kesulitan Tidur Di malam Hari Bagi Ibu Hamil

Hampir semua Ibu hamil mengeluhkan sulitnya memejamkan mata dimalam hari. Hal ini biasanya disebabkan oleh rasa tidak nyaman pada perut, mulas, sakit pinggang, sakit pinggul, dan selali ingin buang air kecil di malam hari, selain itu rasa sesak karena perut membesar. Karena alasan semua itu semakin membuat Ibu hamil tidak nyaman tidur, dan sulit memejamkan mata. Nah, bagaimana solusinya? Anda tidak perlu khawatir, karena berikut ini ada tips untuk Ibu hamil agar lebih mudah untuk memejamkan mata, yaitu :

1. Jangan Memaksakan Mata Untuk Terpejam
Jika memang mata sudah sulit terpejam, jangan dipaksakan, beranjaklah dari tempat tidur anda. Karena memaksakan tidur hanya akan membuat anda pusing dan stress karena insomnia. Setelah anda beranjak dari tempat tidur, cobalah untuk melakukan beberapa kegiatan ini, seperti : mandi air hangat, membaca buku, merajut baju bayi, menulis, atau apa saja kegiatan yang anda sukai. Aktivitas tersebut akan membuat anda lebih tenang, dan lambat laun juga anda akan merasakan kantuk yang luar biasa, hingga akhirnya anda tertidur. Namun, anda perlu menghindari tablet atau sekedar melihat – lihat bacaan dari ponsel, atau gadget lainnya.

2. Perhatikan posisi tidur dengan benar
Salah satu faktor anda ketika sulit tidur adalah posisi tidur yang tidak nyaman. Anda harus menghindari posisi tidur dengan telentang, karena akan membuat anda sesak dan tidak nyaman dengan kondisi perut yang sudah membesar. Sebaiknya, cobalah anda tidur dengan posisi menghadap ke samping, baik samping kanan atau samping kiri secara bergantian senyamannya anda tertidur. Nah, selain itu coba gunakan bantal diantara lutut da dibawah perut sebagai penopang, dan gunakan ganjalan bantal dibagian punggung agar anda lebih nyaman.

3. Olahraga
Olahraga bagi ibu hamil tidak harus olahraga berat, dan memang tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga berat. Sebaiknya lakukanlah olah raga ringan seperti yoga, jalan kaki atau pilates, lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari. Karena dengan olah raga rutin dan teratur bagi Ibu hamil, dapat membuatnya lebih mudah untuk tertidur dimalam hari.

4. Minum cukup air dan perhatikan menu makanan anda.
Sebaiknya minum banyak air di siang hari dan kurangi kadarnya saat beranjak malam, agar anda tidak selalu bolak – balik kamar mandi untuk buang air kecil di malam hari. Sedangkan anda perlu memperhatikan menu makanan harian anda, dengan menghindari gorengan, makanan pedas dan juga asam. Makanlah sesering mungkin dalam porsi yang kecil.

5. Rencanakan tidur dengan baik
Sebaiknya pergi ke tempat tidur lebih awal, meskipun sulit. Dan batasi kegiatan yang anda lakukan dimalam hari. Rencanakan tidur anda dengan baik, agar anda mendapatkan istirahat yang cukup.

6. Tidur siang
Tidur siang bisa anda lakukan jika memang sangat menginginkan beristirahat disiang hari, tapi jangan terlalu lama. Hal ini untuk menghindari kesulitan tidur dimalam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *