Tips Mengatasi Sakit Pilek secara Alami

flu-436x280

Sakit pilek bisa mengusik konsentrasi kerja Anda. Sedangkan pada malam hari bisa mengganggu tidur Anda. Sebelum Anda mengambil obat-obatan untuk meredakan pilek, Anda boleh mencoba dengan tips-tips alami yang lebih aman dan tak memberi efek samping.

Berikut ini adalah tips-tips untuk mengatasi sakit pilek secara alami:

1. Hirup uang minyak kayu putih atau minyak angin.
Jika hidung keburu meler ataupun tersumbat, ada tips alami untuk mengatasinya yaitu beri beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak angin pada wadah berisi air mendidih, kemudian hirup uapnya. (Anda bisa menutup kepala dengan handuk lalu hirup uapnya.)

2. Minum air Cayenne.
Cayenne adalah rempah yang rasanya pedas dan juga tajam. Khasiat dari rempah jenis ini dapat meningkat aliran darah pada tubuh kita sehingga sel darah yang kita perlukan adalah untuk menghancurkan infeksi tersalur dengan cepat. Caranya sangat mudah, cayenne dicampur dengan air hangat.

3. Tidur Yang Cukup.
Sebaiknya berikanlah kesempatan tubuh Anda untuk beristirahat agar mendapatkan tenaga baru guna memerangi pilek. Cobalah ketika kita sedang tidur di malam hari, ambil posisi baru dalam tidur seperti meninggikan bantal kepala. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi pembentukan lendir yang terdapat di dalam saluran pernafasan kita dan juga dapat membuat pernafasan kita menjadi lega.

4. Berkumur Dengan Larutan Garam.
Berkumur menggunakan larutan air garam yang hangat juga dapat membantu mengatasi pilek. Caranya, cukup campur setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat, lalu berkumurlah menggunakan air larutan tersebut sebanyak 3 kali sehari. Biarkan air mengalir di kerongkongan dalam beberapa detik, kemudian berkumurlah sedikit lama. Namun cara ini dianjurkan hanya untuk orang dewasa ya. Sebaiknya jangan diaplikasikan pada anak kecil.

5. Merendam Kaki Dengan Air Hangat.
Mengatasi pilek bisa diatasi dengan merendam kaki dalam air hangat. Lakukan sehari dua kali pagi dan juga di waktu petang. Dengan merendamkan kaki kita dalam air hangat maka akan melancarkan aliran darah yang menuju ke kepala sehingga sakit kepala (akibat pilek) pun akan berkurang.

6. Makan sup ayam ditambah bawang bombay dan bawang putih.
Obat kuno ini berkhasiat karena meningkatkan aliran mucus hidung yang membuat kuman dikeluarkan dari sistem tubuh kita.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation