Tips Mengatasi Sembelit

constipation-Mengatasi-Sembelit

Sembelit atau susah buang besar adalah suatu hal yang sangat tidak menyenangkan. Bayangkan saja, perut sudah terasa sakit dan mulas namun tak kunjung bisa buang air besar. Atau perut menjadi kembung, terasa begah dan buncit karena kotoran tidak dikeluarkan berhari-hari. Padahal pencernaan yang sehat tentu akan mengeluarkan kotorannya setiap hari agar kotoran perut tidak menjadi masalah bagi tubuh. Tanda-tanda sembelit antara lain frekuensi buang air besar kurang dari 2 kali seminggu, tidak teratur dan tinja sering keras hingga kadang menimbulkan rasa sakit.

Nah kalau sudah mengalami sembelit, tentunya harus segera diatasi dong. Berikut ini beberapa cara alami untuk mengatasi sembelit:

Minum air putih
Mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup adalah cara ideal dalam mencegah sekaligus mengatasi sembelit. Air putih mampu membersihkan toksin yang ada dalam tubuh serta membantu melancarkan pencernaan.

Makan buah-buahan
Mengkonsumsi buah-buahan seperti pepaya, jeruk, anggur, pir, apel dan tomat sangat membantu untuk mengatasi sembelit. Buah-buahan tersebut sangat kaya serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan.

Konsumsi sayur
Sama halnya dengan buah-buahan, sayuran kaya akan serat yang dapat memperlancar pencernaan. Selalu konsumsi sayuran setiap hari dalam jumlah cukup untuk membantu mencegah dan mengatasi sembelit.

Lidah buaya
Lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi sembelit. Caranya, belah menjadi 2 bagian lidah buaya, cuci bersih dan buang kulitnya. Cincang halus dagingnya dan seduh dengan setengah cangkir air panas. Agar terasa manis, tambahkan satu sendok madu dan minum ramuan ini selagi hangat dua kali dalam sehari.

Temulawak
Temulawak juga dapat digunakan untuk mengatasi sembelit. Iris tipis rimpang temulawak dan campur dengan asam dan gula jawa. Tuangkan air mendidih, saring dan minum.

Sari tebu (molasses)
Atasi sembelit dengan mencampurkan 2 sendok teh asri tebu ke dalam segelas air matang. Jika dikonsumsi tiap hari dapat melunakkan tinja dan membuat buang air besar menjadi teratur.

Coklat murni
Memakan beberapa potong coklat murni setelah makan dapat mengatasi sembelit karena kandungan magnesium dalam coklat yang tinggi. Kandungan magnesium dapat membantu kontraksi otot dan mendorong ekskresi.

Madu murni
Campurkan madu murni dengan air hangat dan minum 30 menit sebelum makan. Ramuan tersebut berfungsi untuk memperkuat usus dan mempersiapkan pencernaan untuk makanan berat agar terhindar dari sembelit.

Selain itu, jangan mengabaikan keinginan untuk buang air besar. Mengabaikan keinginan buang air besar yang sudah muncul dapat menyebabkan sembelit.

Kenali juga makanan yang dapat menyebabkan sembelit, berikut ini aneka makanan yang dapat menyebabkan sembelit seeprti yang dilansir Boldsky, yaitu:
1. Es krim
2. Keripik
3. Pisang
4. Terlalu banyak produk susu
5. Terlalu banyak makan nasi
6. Kue kering
7. Daging merah
8. Makanan beku
9. Makanan yang digoreng dalam banyak minyak

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation