Tips Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Stres adalah sebuah hal yang sering terjadi pada siapa saja. Stres terjadi karena ketidaksesuaian antara keinginan dan keadaan. Namun di antara kebanyakan orang stres ternyata lebih didominasi oleh para pekerja kantoran dan para karyawan. Mengatasi stres wajib dilakukan oleh agar kita senantiasa tetap dapat bekerja dengan baik untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Jika tekanan pekerjaan mendatangkan rasa stres, apa yang harus dilakukan? Berikut ini tips untuk Anda, Ladies… 😉

1. Nikmati Pekerjaan

Apapun pekerjaan Anda sekarang, cobalah untuk menikmatinya. Ingatlah perjuangan Anda sewaktu kamu mencari pekerjaan. Lakukanlah yang terbaik. Cintai pekerjaan Anda, sehingga rasa terpaksa tidak menjadi beban yang menghambat pekerjaan Anda. Jangan lupa untuk bersyukur, agar Anda terbebas dari rasa kurang puas yang pada akhirnya akan membuat Anda merasa tidak nyaman dengan apa yang sedang Anda kerjakan.

2. Jalin Keakraban

Biasanya, hal yang membuat karyawan stres adalah aktivitas rutin yang membosankan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjalin keakraban dengan karyawan yang bekerja di dekat Anda, untuk saling berbagi cerita dan membantu setiap kesulitan yang mungkin Anda hadapi.

3. Bercanda dan Tersenyum

Canda tawa adalah salah satu obat menghilang stres yang mujarab, orang yang sering tertawa cenderung tidak mengalami stres dibandingkan orang selalu terlihat serius. Bangun rasa humor Anda dan ajak bercanda teman-teman sesama karyawan. Ciptakan suasana kerja yang nyaman dengan rasa santai saat bekerja. Jika Anda merasa santai, tentu tekanan dan stres tidak akan Anda alami.

4. Bayangkan Orang Tersayang

Bayangkan siapa yang saat ini bergantung di belakang Anda, misalnya ibu, suami atau anak. Tentu mereka sangat membutuhkan Anda. Jika Anda merasa stres maka kemungkinan untuk dipecat dari pekerjaan bisa saja terjadi. Bangkitkan semangat, dan usirlah rasa stres Anda.

5. Berwisata Saat Liburan

Setiap perusahaan pasti memiliki jadwal libur mingguan bagi karyawannya. Manfaatkanlah setiap masa liburan kamu untuk berwisata bersama keluarga Anda untuk menghilangkan rasa suntuk selama bekerja. Liburan dipercaya akan membantu Anda mengembalikan semangat, sehingga siap untuk bekerja kembali esok harinya.

6. Berolahraga

Berolahraga teratur merupakan hal yang sangat penting dalam memerangi stres. Berolahraga akan memobilisasi otot-otot Anda, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru untuk mangambil lebih banyak oksigen. Dampaknya, Anda akan memperoleh tidur yang lebih nyenyak dan kesehatan yang lebih baik.

7. Jangan Tinggalkan Hobi Anda

Jika Anda sedang enggan untuk berwisata pada saat liburan, mungkin ada baiknya jika Anda melakukan hobi yang tidak bisa Anda lakukan di hari-hari kerja. Lakukan hobi Anda seperti memancing, mendaki gunung atau apapun yang Anda senangi. Anda bisa juga melakukan petualangan yang belum pernah Anda alami sebelumnya. Melakukan arung jeram, misalkan. Melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menghilangkan pikiran yang menyebabkan stres.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Banyak asumsi yang mengatakan bahwa bir, anggur atau whiskey dapat menghilangkan stres. Pada kenyataannya, air putihlah yang dapat menghilangkan stres. Penelitian menunjukkan bahwa minum segelas atau dua gelas anggur memang dapat menyebabkan kita rileks pada saat itu, tetapi setelah efek alkoholnya hilang, stres kemungkinan besar akan membangunkan Anda di tengah malam. Sebaiknya perbanyaklah minum air putih. Air putih akan membantu memulihkan tubuh Anda dari kekurangan cairan, karena kekurangan cairan dapat menimbulkan keletihan.

Jika tips-tips di atas ternyata tidak dapat menghilangkan rasa stres Anda terhadap pekerjaan, maka mungkin sebaiknya Anda segera keluar dari tempat kerja. Sebab jika dipaksakan, maka dikhawatirkan Anda akan mengalami hal-hal buruk seperti sakit atau masalah-masalah kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat, Ladies… 🙂