Tips Mengetahui Kosmetik yang Sudah Tidak Layak Pakai

Tips Mengetahui Kosmetik yang Sudah Tidak Layak Pakai

Untuk menunjang penampilan, penggunaan kosmetik adalah salah satu yang paling penting. Tapi tahukah Anda, bahwa masing-masing kosmetik yang kita gunakan memiliki batas waktu untuk layak dipakai? Jangan asal menggunakan kosmetik tanpa mengatahui masa kadaluarsanya, ya, Ladies. Karena menggunakan kosmetik yang sudah tidak layak pakai akan berakibat tidak baik bagi kulit Anda.

Beberapa masalah yang timbul karena menggunakan kosmetik yang sudah tidak layak pakai misalnya iritasi kulit, gatal-gatal, memicu timbulnya flek hitam, jerawat, hingga pada kanker kulit. Hwuiiihh.., seram, ya. Oleh karena itu, teliti dulu kosmetik yang Anda gunakan.

Berikut ini beberapa tips sederhana untuk mengetahui bahwa kosmetik sudah tidak layak digunakan:

  • Seperti makanan, kosmetik menunjukkan tanda-tanda fisik jika sudah basi. Amati perubahan warna dan bau. Itu adalah cara terbaik yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui saatnya produk tersebut diganti. Hal ini terutama berlaku pada cat kuku dan krim.
  • Kosmetik dalam botol memiliki tingkat kontaminasi yang tinggi bila dibandingkan dengan kosmetik yang dikemas dalam wadah kedap udara atau pompa. Oleh karena itu, sebaiknya kosmetik tidak digunakan lagi jika sudah lama tidak digunakan, atau setelah paling lama satu tahun.
  • Maskara dan eye liner adalah kosmetik yang sangat dekat dan bersentuhan dengan mata Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda lebih hati-hati dalam memperhatikan maskara dan eye liner yang Anda gunakan. Gunakan produk tersebut paling lama tiga bulan sejak kemasan dibuka. Sebab, tanpa pengawet, produk hanya dapat disimpan paling lama satu tahun, bahkan jika produk itu belum dibuka.
  • Liquid kosmetik seperti lip gloss juga tidak bisa disimpan terlalu lama. Hal ini juga berlaku pada concealer dan foundation. Sebaiknya jangan gunakan lagi lip gloss Anda setelah empat bulan. Sedangkan untuk concealer dan foundation, dapat Anda gunakan paling lama hingga enam bulan.
  • Kosmetik yang mengandung benzoil peroksida seperti pada gel jerawat, masa pakainya hanya tiga bulan setelah dibuka. Jika lewat dari waktu tiga bulan, maka bahan tersebut tidak ampuh lagi. Zat aktif yang terkandung sudah tidak dapat bekerja secara maksimal. Kosmetik yang mengandung bahan lainnya seperti vitamin C, antioksidan, asam glikolat dan retinois akan lebih cepat rusak jika terkena sinar matahari atau panas.
  • Untuk kosmetik yang berbentuk bubuk seperti blush on dan mineral foundation, masa kadaluarsanya lebih lama dibandingkan dengan kosmetik yang berbentuk liquid. Anda bisa menggunakannya antara satu setengah hingga dua tahun.
  • Pruduk kecantikan yang memiliki masa pakai paling panjang adalah parfum. Anda tetap bisa menyimpan koleksi parfum hingga delapan tahun, dan bisa lebih lama lagi jika Anda menyimpannya dalam lemari pendingin.

Selain mengetahui batas penggunaan kosmetik, ada baiknya Anda juga tahu cara menyimpan dan merawatnya, ya. Cara penyimpanan dan perawatan yang benar akan menjadikan kosmetik Anda tetap bersih dan tahan lama. Masa kadaluarsa yang tertera pada kemasan kosmetik bisa jadi lebih singkat, kalau Anda tidak telaten merawatnya. Berikut ini tips sederhana yang bisa Anda terapkan sendiri:

  1. Pastikan kosmetik Anda tertutup rapat dan disimpan jauh dari sinar matahari, karena dapat merusak kandungan dalam kosmetik dan membuatnya tidak tahan lama karena rusaknya bahan pengawet.
  2. Jangan menggunakan kosmetik mata seperti maskara, eye liner, atau eye shadow ketika Anda sedang mengalami sakit pada mata. Itu untuk menghindari menyebarnya bakteri pada kosmetik Anda. Lagipula, itu hanya akan memperparah keadaan mata Anda yang sedang sakit.
  3. Rajinlah mencuci kuas dan spons yang Anda gunakan untuk mengaplikasikan kosmetik. Ini penting untuk menjaga kosmetik Anda tetap bersih.

Nah, semoga tipsnya bermanfaat ya, Cantik! 🙂

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation