Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Bau-mulut

Bulan Ramadhan akan segera datang dan umat muslim menyambut bulan ramadhan dengan melaksanakan puasa selama sebulan. Selain berbagai macam persiapan psikis, persiapan fisik juga diperlukan agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar. Tubuh yang sehat tentu membuat ibadah puasa menjadi lebih mudah dijalankan. Meskipun demikian, adakalanya orang-orang merasa terganggu dengan bau mulut yang timbul ketika tengah berpuasa.

Penyebab bau mulut ketika sedang berpuasa adalah kondisi mulut yang kering karena berkurangnya produksi air liur yang akhirnya meningkatkan keasaman mulut dan perkembangan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Timbulnya bau mulut selama berpuasa tentu menyebabkan ketidaknyamanan dan menurunkan rasa percaya diri. Bayangkan saja jika kita sedang berinteraksi dengan banyak orang, tetapi mulut kita menyemburkan “bau naga”. Akibatnya orang lain juga menjadi tidak nyaman dengan hal tersebut.

Berikut ini tips menghilangkan bau mulut saat sedang berpuasa:
1. Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi
Menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur tetap harus rutin dilakukan selama berpuasa. Periksa gigi minimal 6 bulan sekali untuk mengecek kesehatan gigi dan mulut agar masalah gigi yang ada dapat segera ditangani. Bau mulut juga bisa disebabkan oleh gigi yang berlubang, infeksi gusi dan masalah gigi lainnya.

2. Cukup minum air putih ketika sahur dan berbuka. Air putih membantu metabolisme tubuh serta menjaga tubuh dari dehidrasi. Selain itu konsumsi makanan berserat yang dapat menyehatkan pencernaan karena masalah bau mulut juga dapat bersumber dari masalah pencernaan. Jangan mengkonsumsi rokok dan alkohol karena memperburuk kebersihan gigi.

3. Hindari mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat seperti durian atau bawang bombay ketika sedang sahur atau berbuka puasa.

4. Konsumsi timun ketika sahur. Cuci dan rebus mentimun kemudian konsumsilah setelah makan sahur agar mulut anda selalu nyaman saat berpuasa.

5. Menggunakan benang gigi untuk membersihkan gigi. Celah-celah gigi biasanya tidak terjangkau oleh sikat gigi dan dapat dibersihkan dengan menggunakan benang gigi agar sisa makanan tidak menjadi busuk dan masalah mulut.

6. Gunakan pembersih lidah. Selain menggunakan benang gigi, lidah juga juga harus dibersihkan dengan pembersih lidah karena bakteri juga dapat bersembunyi di lidah.

7. Gunakan cairan penyegar mulut. Sebaiknya hindari cairan penyegar mulut yang memiliki kadar alkohol tinggi karena akan membuat mulut semakin kering sehingga memicu bau mulut. Pilih cairan penyegar mulut berbahan alami seperti sirih atau cengkeh dan mempunyai kadar alkohol yang rendah.

8. Konsumsi makanan probiotik seperti yogurt plain untuk menyehatkan pencernaan.

Selain itu, selalu konsumsi makanan yang bergizi selama berpuasa. Jangan lupakan juga olahraga dan istirahat agar kesehatan tetap terjaga. Tidak hanya masalah nafas yang harus dijaga kesegarannya, tubuh dan pikiran pun perlu dijaga kesegarannya agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar. Selamat menjalankan ibadah puasa, sobat cantik :-).

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

  1. mamah'a shaziahok on July 23, 2013 at 3:45 am said:

    Sip mksh bnyak sis

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation