Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikis Saat Bekerja

snack saat bekerja

Bekerja sambil menyantap makanan di meja kerja? Sebagian besar orang yang bekerja tentu pernah melakukannya. Hal tersebut dilakukan dengan alasan untuk menghemat waktu dan menyelesaikan pekerjaan secara lebih cepat. Namun sayang, hal tersebut justru dapat menurunkan produktivitas kerja lho.

Amanda Hamilton, seorang pakar nutrisi, mengemukakan bahwa kebiasaan makan di meja kerja dengan alasan untuk menghemat waktu dan menyelesaikan pekerjaan secara lebih cepat justru akan berakibat negatif karena menurunnya produktivitas kerja jika dilakukan terus menerus. Menurut Amanda, seseorang wajib melakukan hal kecil untuk menjaga otak dan tubuh agar lebih aktif, misalnya seperti makan dengan tenang tanpa disambi dengan bekerja.

Untuk menjaga agar otak dan tubuh tetap aktif dan sehat, bisa dilakukan dengan konsumsi camilan sehat seperti buah-buahan dan kacang-kacangan, banyak minum air putih dan sesekali rileks untuk menghirup udara segar. Sisihkan waktu untuk berdiri dari kursi kerja anda serta melakukan peregangan-peregangan kecil agar otot tidak kaku.

Nah, berikut ini beberapa tips dari Amanda untuk menjaga kesehatan fisik dan psikis anda selama bekerja seperti yang dilansir oleh Dailymail:

1. Cukup minum sepanjang hari
Konsumsi cairan terutama air putih sangat bagus untuk menjaga kebugaran anda selama bekerja. Apalagi dehidrasi dapat mengganggu konsentrasi kerja sehingga kita tidak fokus ketika bekerja. Air putih akan menyelamatkan anda dari dehidrasi serta tentu saja bagus untuk kesehatan dan kesegaran kulit. Selalu sediakan sebotol air putih yang mudah dijangkau di meja kerja anda.

2. Sisihkan waktu untuk beristirahat
Jangan memforsir tenaga anda untuk tetap bekerja apalagi jika anda sudah merasa kelelahan. Jika pekerjaan masih banyak dan mungkin anda merasa tidak sempat untuk beristirahat dalam waktu berjam-jam, maka sisihkan 5-10 menit setelah beberapa jam dari waktu anda untuk berhenti dari pekerjaan anda. Anda dapat menggunakan 5-10 menit tersebut untuk berjalan kaki santai di seputar ruangan, bercanda dengan rekan kerja atau relaksasi sejenak. Tubuh yang diberi kesempatan untuk beristirahat tentu akan membuat pikiran terasa lebih segar untuk kembali bekerja.

3. Konsumsi teh atau kopi ketika bekerja
Meskipun konsumsi teh atau kopi ketika bekerja diperbolehkan, anda harus bisa mengaturnya agar tidak menjadi ketergantungan. Dua atau tiga cangkir sehari dianggap sebagai batas konsumsi yang wajar. Sebaiknya hindari konsumsi teh atau kopi menjelang petang agar tubuh anda lebih rileks untuk beristirahat di malam hari.

4. Simpan snack sehat di laci meja kerja
Sebaiknya sediakan snack sehat di meja kerja anda untuk membantu mengontrol gula darah ketika tiba-tiba anda merasa lapar di jam-jam sebelum makan besar seperti jam 10.00 pagi atau 15.00.

5. Perhatikan nilai gizi dalam makanan anda
Jangan sembarangan makan dan tetap perhatikan kandungan nutrisi dari makanan yang anda santap.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation