Tips Menjalani Long Distance Relationship (LDR)

Tips Menjalani Long Distance Relationship (LDR)

Tuntutan pekerjaan atau pendidikan saat ini terkadang membuat seseorang harus berada jauh dari orang-orang terdekatnya. Bukan hanya keluarga yang terpaksa terpisahkan jarak, tapi juga pasangan. Padahal komunikasi itu sangatlah penting dalam sebuah hubungan. Apakah sista sekarang sedang menjalani hubungan jarak jauh alias Long Distance Relationship (LDR)?

Banyak pasangan yang tidak akur ketika mereka harus tinggal berjauhan. Kesibukan masing-masing pun memperburuk keadaan dan akhirnya memutuskan untuk berpisah. Hal ini sangat disayangkan mengingat kini teknologi telah berkembang dengan pesat. Coba dulu deh tips-tips menjalani hubungan jarak jauh berikut ini supaya hubungan sista dan pasangan tetap langgeng.

Jaga komunikasi
Jarak telah membatasi komunikasi sista, jadi jangan lebih memperburuk keadaan dengan enggan berkomunikasi. Setidak-tidaknya dalam sehari bertanyalah “sedang apa?” atau memberi perhatian kecil “sudah makan?”.

Saling percaya
Kalo yang ini memang kebutuhan dasar dalam semua hubungan. Tapi memang kepercayaan dalam hubungan jarak jauh lebih diuji. Tidak dapat menemui dan melihat pasangan secara langsung membuat kecurigaan meningkat. Itu wajar, tapi jangan berlebihan. Capek juga kan curiga atau dicurigai terus menerus. Intinya, saling menjaga kepercayaan yang diberikan masing-masing aja. Sekali sista berbuat curang, akan sangat sulit untuk mengembalikan kepercayaan yang dibangun. Kepercayaan itu tidak dibuat, tapi dilahirkan.

Sering bertukar foto terbaru
Ada yang bilang hubungan jarak jauh itu seperti pacaran dengan tulisan. Setiap hari yang dilihat hanya tulisan-tulisan di ponsel maupun komputer. Saling bertukar suara pun bahkan tak cukup melepaskan rindu kedua belah pihak. Oleh karenanya, kirimilah pasangan sista foto-foto di setiap kegiatan baru sista. Hal ini akan membuatnya tidak merasa kehilangan perkembangan kegiatan sista.

Lakukan hal bermanfaat
Seringkali saat ada waktu luang dan sedang sendirian, seseorang dalam hubungan jarak jauh akan merasa sangat kesepian dan hampa. Hati-hati! Biasanya pada saat-saat seperti inilah muncul godaan-godaan untuk berbuat “nakal”. So, isilah waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat.

Jangan mudah mengucap kata “putus”
LDR biasanya sering dihiasi dengan pertengkaran baik kecil maupun besar. Itu merupakan bumbu penyedap yang wajar dalam sebuah hubungan. Pertengkaran juga merupakan tempaan untuk memperkuat hubungan. Paling penting yang harus diingat, saat berantem jangan terburu-buru mengucap kata “putus”. Seringkali kalimat yang keluar saat emosi tak terkendali akan membuat kita menyesal. Jadi, saat berantem, dinginkanlah kepala masing-masing lalu kemudian bicarakan semuanya secara baik-baik.

Sempatkan berkunjung
Nggak mungkin selamanya pacaran dengan ponsel atau komputer kan? Sista tetap perlu mengunjungi pasangan. Nggak masalah kok wanita yang mengunjungi pria. Tidak perlu terlalu sering, bisa saat liburan panjang saja. Juga tidak perlu secara rutin. Justru kedatangan dadakan dari sista akan memberikan surprise yang menyenangkan baginya.

One Comment

  1. jika ceweknya yang mengatakan putus, lalu baikan lagi, lalu putus lagi
    tapi itu penyebabnya dari si cowok bilange setia tapi selingkuh, dikasih kesempatan biar diperbaiki selingkuh lagi??
    trus si cewek sudah capek dan tidak mau pacaran lagi, tapi komunikasi masih berlanjut??? cowok e masih menganggap sayang, tapi si cewek mengganggap biasa, la trus ghi maman pendapat anda????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *