Tips Merawat Rambut Ikal dan Keriting

Tips Merawat Rambut Ikal dan Keriting

Masih berpikir bahwa cantik itu selalu rambut lurus hitam berkilau? Tampaknya, pandangan semacam itu sudah agak bergeser. Cantik itu tidak melulu harus dengan rambut lurus hitam berkilau, rambut ikal dan keriting pun akan terlihat eksotis dan beda dari yang lain jika terawat dengan benar.

Nah, jika anda mempunyai rambut yang ikal atau keriting, sudah saatnya anda tidak selalu berpikir untuk meluruskan rambut melulu. Percayalah, rambut keriting yang terawat akan terlihat indah, lebih memukau dan terlihat beda. Nah problem yang seringkali terjadi pada rambut keriting atau ikal adalah kondisi rambut yang kering bahkan bercabang. Tapi bukan berarti rambut ikal dan keriting tidak bisa terlihat lembut dan halus seperti layaknya rambut lurus lho. asalkan dirawat dengan benar, rambut ikal dan keriting pun akan tampak lembut dan berkilau.

Berikut ini tips untuk merawat rambut ikal dan keriting:

1. Jadwal keramas yang tepat
Jangan keramas setiap hari karena dapat membuat rambut menjadi kering. Keramas setiap hari dapat mengikis minyak yang dihasilkan oleh rambut sehingga rambut menjadi kering. Lebih baik keramas dua hari sekali ya ladies untuk menjaga agar rambut tetap bersih dan sehat.

2. Kondisioner dan serum
Kondisioner merupakan komponen penting untuk menjaga kilau rambut serta melembutkan rambut. Gunakan kondisioner setelah selesai membilas sampo dan oleskn kondisioner pada batang rambut saja. Setelah rambut kering, anda juga dapat menggunakan hair serum untuk menjaga kesehatan rambut dan memberi nutrisi pada rambut.

3. Gunakan sisir yang tepat
Sisir bergigi rapat tentu terasa agak menyakitkan jika diterapkan pada rambut yang ikal dan keriting. Salah penggunaannya dapat membuat rambut semakin kusut atau anda merasa kesakitan karena rambut menarik kulit kepala. Sebaiknya gunakan sisir bergigi jarang agar lebih mudah dalam menyisir rambut. Anda juga dapat menggunakan jari untuk menyisir rambut agar ikal dan gelombangnya terlihat lebih alami

4. Keringkan secara alami
Menggosok rambut yang sudah dicuci dengan menggunakan handuk dapat membuat rambut menjadi kusut dan rapuh. Hindari juga pemakaian hair driyer dengan suhu panas karena dapat membuat rambut terasa kering. Lebih baik angin-anginkan rambut hingga rambut kering alami

5. Hair mask
hair mask bermanfaat untuk menutrisi rambut dan membuat rambut menjadi lembut. Anda dapat melakukan hair mask di salon atau melakukannya sendiri di rumah. Gunakan bahan-bahan yag berkhasiat melembabkan rambut sebagai hair mask seperti santan kelapa, yogurt atau minyak zaitun. Selain menutrisi batang rambut, hair mask dengan bahan alami juga dapat memperkuat dan menyehatkan rambut.

Nah, mudah bukan merawat rambut yang ikal dan keriting? Jangan terburu-buru ingin meluruskan rambut anda jika anda berpikir bahwa rambut ikal dan keriting hanya akan menyusahkan anda. Syukuri apa yang sudah dianugerahkan Tuhan kepada kita dengan cara merawatnya dengan baik :-). Karena cantik tidak melulu harus berambut lurus :-).

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *