Tips Perawatan Rambut Kering

Apakah rambut anda tidak mudah diatur, tidak berbentuk. dan jika dipegang terasa kasar? Itulah ciri rambut kering. Rambut jenis ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya: efek buruk sinar matahari, makanan, pernah beberapa kali di-ion, di-cat, sering dicatok, penggunaan hair dryer secara rutin, dan keramas tiap hari.

Untuk mengatasinya, ada tips perawatan untuk rambut kering.

1. Hindari terlalu sering pemakaian hair dryer ataupun catok.

Ketahuilah bahwa panas yang dikeluarkan dan tekanan udara oleh hair dryer ataupun catok  dapat merusak kutikula rambut. Kerusakan itu akan bersifat sementara jika penggunaan alat pengering rambut itu tidak secara terus-menerus. Namun jika pemakaian hair dryer ataupun catok secara rutin, dapat menyebabkan kerusakan kutikula permanen.

 2. Gunakan masker rambut.

Berbagai macam masker alami bisa anda gunakan di rumah. Jadi anda tak perlu ke salon dengan biaya cukup mahal. Padahal bahan-bahan alami dapat dimanfaatkan sebagai masker rambut, yang tentunya lebih aman dan tanpa bahan kimia. Beberapa varian bahan untuk masker alami meliputi: melon, alpukat, telur, pepaya.

 3. Menggunakan air dingin saat keramas.

Manfaat dari air dingin untuk menjaga kelembaban rambut.

 4. Gunakan Kondisioner setelah selesai keramas.

Kondisioner bermanfaat merapikan kembali kutikula rambut yang terbuka ketika Anda keramas. Perlu anda perhatikan yaitu oleskan krim kondisioner hanya pada pertengahan rambut hingga ujung, agar terhindar dari kulit kepala menjadi berminyak.

 5. Jangan menyisir rambut yang basah.

Jangan biasakan menyisir rambut dalam kondisi basah, sebab ketika masih lembab dan basah, hal itu bisa menyebabkan rambut patah dan mudah rapuh.

 6. Jangan mengikat rambut saat tidur.

Saat anda akan tidur, rilekskan juga bagian tubuh anda, seperti menggunakan pakaian longgar dan jangan mengikat rambut. Jika kita mengikat rambut saat tidur, maka membuat akar rambut tidak dapat bernapas dengan baik.

 7. Jangan keramas setiap hari.

Ada kalangan wanita yang rajin keramas setiap hari. Padahal justru mencuci rambut setiap hari akan dapat mengurangi minyak alami di rambut. Sedangkan minyak alami tersebut diperlukan untuk melembabkan rambut. Memang kelenjar minyak atau produksi minyak di kulit kepala setiap orangnya  berbeda-beda. Ada sebagian orang yang memiliki kadar minyak tinggi, ada juga yang sedikit. Sebaiknya, anda cukup 2-3 kali mencuci rambut dalam seminggu.

 8. Jangan menggaruk-garuk pada kulit kepala saat keramas maupun saat terasa gatal dikulit kepala.

Hindari menggaruk kulit kepala, cukup di pijat lembut saja. Memang terkadang kita tidak sadar menggaruk kulit kepala kita apalagi kalau gatal. Sebisa mungkin hindari penggarukan kulit kepala karena dapat memicu kulit kepala iritasi pada kulit.

9. Hindari berkeramas dengan air panas.

Menggunakan air yang panas  saat keramas akan membuat rambut menjadi rusak. Jadi lebih baik anda keramas dan bilaslah rambut dengan air biasa atau air dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *